Penulis Utama : Siti Khotimah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0114060
Tahun : 2018
Judul : Istilah-Istilah Sesaji dalam Upacara Tradisional Sedekah Laut Pantai Teluk Penyu dan Pantai Bunton di Kabupaten Cilacap (Kajian Etnolinguistik)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya-Jur. Sastra Daerah-C0114060-2018
Subyek : ETNOLINGUISTIK
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana prosesi upacara sedekah laut yang terdapat di Pantai Teluk Penyu dan Pantai Bunton, Kabupaten Cilacap, (2) Bagaimana bentuk istilah-istilah sesaji yang digunakan di dalam upacara Sedekah Laut Pantai Teluk Penyu dan Pantai Bunton di Kabupaten Cilacap, (3) Bagaimana makna kultural istilah-istilah sesaji digunakan di dalam upacara Sedekah Laut Pantai Teluk Penyu dan Pantai Bunton di Kabupaten Cilacap.
Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) prosesi upacara sedekah laut yang terdapat di Pantai Teluk Penyu dan Pantai Bunton, Kabupaten Cilacap; (2) bentuk istilah-istilah sesaji yang digunakan di dalam upacara Sedekah Laut Pantai Teluk Penyu dan Pantai Bunton di Kabupaten Cilacap; (3) makna kultural istilah-istilah sesaji digunakan di dalam upacara sedekah laut Pantai Teluk Penyu dan Pantai Bunton di Kabupaten Cilacap.
Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan prosesi upacara dan data kebahasaan berdasarkan bentuk dan makna kultural. Data penelitian ini berupa data lisan hasil wawancara dengan informan dan data tulis yang berasal dari buku-buku penunjang tentang upacara sedekah laut. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Metode distrbusional digunakan untuk menganalisis bentuk istilah. Metode padan dan interpretasi digunakan untuk menganalisis makna kultural dari istilah-istilah sesaji yang terdapat dalam upacara sedekah laut Pantai Teluk Penyu dan Pantai Bunton di Kabupaten Cilacap.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa 1) prosesi upacara sedekah laut Pantai Teluk Penyu terdiri dari penggambaran kembali titah pelaksanaan sedekah laut oleh Bupati Cilacap, larung sesaji, dan hiburan, sedangkan di Pantai Bunton dilakukan pawai dan larung sesaji  karena hanya ada di tingkatan desa; 2) bentuk istilah-istilah sesaji dalam upacara sedekah laut Pantai Teluk Penyu dan Pantai Bunton di Kabupaten Cilacap terdapat tiga bentuk, yaitu bentuk monomorfemis, polimorfemis, frasa, dan onomatope; 3) makna kultural yang terdapat pada istilah-istilah sesaji dalam upacara sedekah laut Pantai Teluk Penyu dan Pantai Bunton di Kabupaten Cilacap yaitu harapan agar mendapatkan perlindungan, keselamatan, dan ketentraman.

Kata-kata kunci: istilah-istilah sesaji, upacara sedekah laut, etnolinguistik

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Depan.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Yohanes Suwanto, M.Hum.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya