Penulis Utama : Asih Muryani
NIM / NIP : K8113012
×

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan anak dalam menganal lambang bilangan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe number heads together (NHT) pada kelompok A TK Widya Putra Dharma Wanita Persatuan UNS Karanganyar Tahun Ajaran 2016/2017.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian  yang  digunakan  adalah  penelitian  tindakan  kelas  partisipan  (PTK) model Arikunto.  Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok A TK Widya Putra Dharma Wanita Persatuan UNS Karanganyar Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 12 anak yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi informan yaitu guru dan anak. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes yang berupa unjuk kerja dan lembar kerja anak (LKA). Validitas data kualitatif menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik, sedangkan validitas data kuantitatif menggunakan validitas konstruk. Analisis data kuantitaif yang digunakan adalah deskriptif komparatif dan Analisis data kualitatif menggunakan deskriptif  interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan anak dalam mengenal lambang bilangan melalui model pembelajaran kooperatif tipe number heads together (NHT) dari pratindakan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Peneltian ini menunjukkan kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan pada siklus I diperoleh ketuntasan klasikal mengenal lambang bilangan 50% dan pada siklus II diperoleh ketuntasan klasikal mengenal lambang bilangan 83,33%. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan anak dalam menunjukkan lambang bilangan, menghubungkan atau memasangkan lambang bilangan dengan gambar atau benda, dan mengurutkan urutan lambang bilangan.

 

×
Penulis Utama : Asih Muryani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8113012
Tahun : 2018
Judul : Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together (NHT) pada Kelompok A TK Widya Putra Dharma Wanita Persatuan UNS Karanganyar Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. PG-PAUD-K8113012-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ruli Hafidah, S.Pd., M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.