Penulis Utama : Muhammad Arfan.
NIM / NIP : K7413108
×

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dan Two Stay Two Stray dengan media kartu pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Teras Boyolali. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Teras Boyolali yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik diskriptif komparatif dan teknik analisis kritis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dan Two Stay Two Stray dengan media kartu dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa  kelas XI IPS 2 pada mata pelajaran Ekonomi. Presentase ketuntasan siswa mengalami peningkatan 82,36?ri 8,82% pada pra siklus, 79,41% pada siklus I, dan 91,18% pada siklus II. Keaktifan siswa juga mengalami kenaikan pada masing-masing indikator. Pada indikator visual activities mengalami peningkatan sebesar 60%, indikator listening activities mengalami peningkatan sebesar 65%, indikator oral activities mengalami peningkatan sebesar 73%, indikator writing activities mengalami peningkatan sebesar 46%, indikator mental activities mengalami peningkatan sebesar 66%, dan indikator emotional activities mengalami peningkatan sebesar 63% untuk kriteria Baik Sekali (BS) dan Baik (B). Simpulan berdasarkan hasil penelitian adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dan Two Stay Two Stray dengan media kartu dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Teras Boyolali.

 

×
Penulis Utama : Muhammad Arfan.
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7413108
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together dan Two Stay Two Stray dengan Media Kartu Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Teras Boyolali Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak KIP, Jur Pendidikan Ekonomi-K7413108-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. 3. Prof. Dr. Soetarno Joyoatmojo, M.Pd.,
2. 4. Sudarno, S.Pd., M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.