Penulis Utama : Septia Rachma Pramurdya
NIM / NIP : C0114058
×

ABSTRAK

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana suntingan teks dari Esmu Waris Saking Tuwan Sèh Ngabdul Rakub yang bersih dari kesalahan sesuai dengan cara kerja filologi?; (2) Bagaimana ajaran tasawuf yang terkandung di dalam Esmu Waris Saking Tuwan Sèh Ngabdul Rakub?
Tujuan penelitian: (1) Menyajikan suntingan teks dari Esmu Waris Saking Tuwan Sèh Ngabdul Rakub yang bersih dari kesalahan melalui cara kerja filologi. (2) Mengungkapkan ajaran tasawuf yang terkandung di dalam Esmu Waris Saking Tuwan Sèh Ngabdul Rakub.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian filologis yang bersifat deskriptif kualitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian pustaka (library research). Sumber data dalam penelitian disimpan di Perpustakaan Museum Radya Pustaka, sedangkan data penelitian ini adalah teks Esmu Waris Saking Tuwan Sèh Ngabdul Rakub, berbentuk prosa dengan huruf Jawa carik sejumlah 109 halaman. Teknik pengumpulan data melalui tahapan inventarisasi naskah melalui katalog, judul dicatat, kemudian diadakan pengecekan kebenaran keberadaan naskah dan mendigitalisasikan (foto) naskah untuk dilakukan pengamatan lebih lanjut. Tahap selanjutnya naskah ditransliterasikan.
Teknik analisis data melalui kritik teks disertai dengan aparat kritik dan terjemahan. Edisi standar digunakan dalam metode penyuntingan Esmu Waris Saking Tuwan Sèh Ngabdul Rakub. Kemudian dilanjutkan dengan analisis isi. Kajian isi untuk mengungkapkan ajaran tasawuf yang terkandung di dalam Esmu Waris Saking Tuwan Sèh Ngabdul Rakub.
Simpulan penelitian ini adalah (1) Esmu Waris Saking Tuwan Sèh koleksi Perpustakaan Museum Radya Pustaka Surakarta bernomor katalog SMP RP 334 merupakan naskah tunggal. Setelah diteliti melalui cara kerja filologi mulai dari deskripsi naskah, kritik teks, aparat kritik, transliterasi, suntingan teks Esmu Waris Saking Tuwan Sèh yang disajikan dalam penelitian ini merupakan teks yang bersih dari kesalahan dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. (2) Esmu Waris Saking Tuwan Sèh adalah naskah berjenis agama Islam. Terdapat ajaran tasawuf berupa syariat, tarikat, hakikat dan makrifat yang bermanfaat untuk umat Islam sesuai dengan Al Quran dan Hadits.
Kata Kunci : Filologi, Agama, Esmu Waris Saking Tuwan Sèh Ngabdul Rakub, Tasawuf.

 

×
Penulis Utama : Septia Rachma Pramurdya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0114058
Tahun : 2018
Judul : Èsmu Waris Saking Tuwan Sèh Ngabdul Rakub (Suntingan Teks Dan Kajian Tasawuf)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-P. KIP Jur. Sastra Jurusan Sastra Daerah-C0114058-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sisyono Eko Widodo, M.Hum.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.