Penulis Utama : Titinia Chrismasari
NIM / NIP : K5114046
×

ABSTRAK
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan kontekstual dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika anak tunagrahita ringan kelas VI di SLB C Setya Dharma Surakarta tahun ajaran 2017/2018.
    Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental dengan desain one group pretest-posttest design yaitu eksperimen yang dilakukan pada satu kelompok tanpa adanya kelompok pembanding, yang diberikan tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) di samping perlakuan. Subjek penelitian ini adalah 5 siswa kelas VI SLB C Setya Dharma Surakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan tes objektif tipe pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis non-parametrik yaitu Wilcoxon Signed Rank Test (Tes Rangking Bertanda Wilcoxon) dengan menggunakan program SPSS 24.
Hasil analisis deskriptif data diperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 68,00 lebih tinggi daripada nilai rata-rata pretest sebesar 44,00. Hasil analisis non-parametrik diperoleh nilai Z hitung = -2.070 dengan Asymp.Sig (2-tailed) = 0,038 pada taraf signifikansi (a) 5%. Kesimpulan pada penelitian ini adalah pendekatan kontekstual dalam pembelajaran berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika anak tunagrahita ringan kelas VI di SLB C Setya Dharma Surakarta tahun ajaran 2017/2018.

Kata kunci:    Pengaruh, pendekatan kontekstual, prestasi belajar matematika, anak tunagrahita ringan

 

×
Penulis Utama : Titinia Chrismasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5114046
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Matematika Anak Tunagrahita Ringan Kelas VI DI SLB C Setya Dharma Surakartatahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Khusus/Luar Biasa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prog. Studi Pendidikan Luar Biasa- K5114046-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Abdul Salim, M.Kes
2. Dewi Sri Rejeki, S.Pd, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.