Penulis Utama : Akhmad Dwi Afiyadi
NIM / NIP : S861602006
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis teks wacana multikultural yang dikembangkan dalam buku teks pelajaran Sejarah Indonesia SMA; 2) menganalisis praktik wacana multikultural dalam buku teks Sejarah Indonesia SMA; dan 3) menganalisis konteks politik pendidikan dalam konstelasi wacana multikultural buku teks Sejarah Indonesia SMA.
Penelitian ini adalah berjenis analisis isi kualitatif yang diterapkan dengan pendekatan analisis wacana kritis Discourse-Historical Approach. Discourse-Historical Approach (analisis wacana pendekatan sejarah).Analisis Wacana Pendekatan Sejarah    adalah seperangkat alat analisis yang relevan untuk membongkar secara kritis representasi wacana multikultural dalam buku teks „Sejarah Indonesia?. Analisis Wacana Pendekatan Sejarah memandang bahwa teks adalah salah satu diantaranya adalah buku teks pelajaran yang merupakan refleksi dari peninggalan (site) dari konstelasi kekuasaan dalam masyarakat. Buku teks adalah bagian dari unsur konstitutif dari sebuah ideologi yang mengungkap jejak doktrinasi,  transformasi,  dan  rekayasa sosio-politik  dari  sebuah  kekuasaan  dalam  sebuah masyarakat.
Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) Wacana multikultural dikembangkan dalam buku teks Sejarah Indonesia tersebar dalam pokok-pokok bahasan seperti: asal usul Bangsa Indonesia,   silang   budaya,   jaringan   perdagangan,   integrasi   Nusantara,   nasionalisme, penguatan jati diri keindonesiaan, nilai juang revolusi; 2) Praktik wacana multikultural buku teks sejarah Indonesia menunjukkan wacana multikultural tidak menjadi indikator utama dalam penelaahan. Wacana multikultural berada pada pokok bahasan lain. Praktik wacana multikultural tersebar secara implisit dan eksplisit dalam buku teks. Alur genealogis wacana multikultural adalah keberagaman atas suku dan geografis dan jaringan intertekstualitas daripada buku teks pelajaran sejarah yang mengandung wacana multikultural mengacu pada buku referensi seperti buku Sejarah Nasional Indonesia (SNI) dan Indonesia dalam Arus Sejarah (Idas); 3) Konteks politik pendidikan dalam konstelasi wacana multikultural menunjukkan multikultural berada pada bagaimana negara berperan dalam mengendalikan wacana multikultural, multikultural dalam konteks politik pendidikan dalam buku teks pelajaran sejarah dalam Kurikulum 2013 ini dapat dipandang sebagai pengembangan kompetensi peserta didik.

Kata  Kunci:  Analisis  Wacana,  Multikultural,  Buku  Teks  Pelajaran  Sejarah,  Sekolah
Menengah Atas

 

×
Penulis Utama : Akhmad Dwi Afiyadi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S861602006
Tahun : 2018
Judul : Analisis Wacana Multikultural dalam Buku Teks Pelajaran Sejarah Sekolah Menengah Atas (SMA)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-2 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prog. Studi Magister Pendidikan Sejarah - S861602006-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Leo Agung S, M.Pd.
2. Prof. Dr. Sunardi, M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.