Penulis Utama : Muhammad Ihsan
NIM / NIP : K3514033
×

ABSTRAK

Kegiatan praktik Keamanan Jaringan saat ini masih dilakukan dengan memanfaatkan Virtualbox dan dilakukan secara berkelompok dengan anggota 2 siswa masalah yang dihadapi yaitu lingkungan praktik belum mencerminkan keadaan nyata di lapangan dengan jumlah target yang ada. Masalah tersebut harus diatasi agar kegiatan memberikan lingkungan praktik seperti keadaan sebenarnya degan banyak target yang ada. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan membangun laboratorium keamanan jaringan berbasis cloud computing menggunakan container dan diberikan sebagai layanan menggunakan pola akses jarak jauh kepada peserta didik. Laboratorium tersebut digunakan sebagai media penunjang dalam praktik secara individu berfungsi untuk wadah sitem operasi pada saat praktik. Container menggunakan OpenVZ dipilih karena memungkinkan terjadinya over selling sumber daya yang ada serta memberikan isolasi penuh antar VPS ataupun VPS dengan server fisik.

Tujuan   dari   penelitian   ini   adalah   untuk   membangun   laboratorium keamanan jaringan berbasis cloud computing menggunakan container serta menguji fungsional laboratorium tersebut. Metode pengembangan menggunakan metode ADDIE memuat lima tahap Analysis, Design, Development, Implementation,   Evaluate.   Penelitian   ini   dilaksanakan   di   Program   Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta. Metode pengambilan data fungsional menggunakan angket berdasar ISO 17788 dari segi karakteristik cloud computing. Aspek yang diuji yaitu broad network access, measured service, multi-tenancy, on-demand self-service, rapid elasticity and scalability, resource pooling.

Hasil dari pengujian fungsional laboratorium keamanan jaringan berbasis cloud computing menggunakan container berfungsi dan dapat digunakan untuk praktik individual. Hasil pengujian fungsional satu server fisik dapat menampung
25 server virtual yang berjalan dan aktif bersamaan sehingga laboratorium keamanan  jaringan  berbasis  cloud  computing  menggunakan  container menyediakan lingkungan dengan banyak target seperti keadaan yang sebenarnya.

Kata   Kunci   :   keamanan   jaringan,   cloud   computing,   container,   openvz, virtualisasi

 

×
Penulis Utama : Muhammad Ihsan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3514033
Tahun : 2018
Judul : Pengembangan Laboratorium Keamanan Jaringan Berbasis Cloud Computing Menggunakan Container PTIK FKIP UNS
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prog. Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer - K3514033-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Puspanda Hatta, S.Kom, M.Eng.
2. Aris Budianto, S.T., M.Eng.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.