Penulis Utama : Tutot Budi Lukito
NIM / NIP : M3115138
×

ABSTRAK
Hakikat anak-anak adalah individu yang unik dimana ia memiliki pola pertumbuhan dan perkembangan dalam aspek fisik, kognitif, sosio-emosional, kreativitas, bahasa dan komunikasi yang khusus sesuai dengan tahapan yang sedang dilalui oleh anak tersebut. Anak akan lebih cepat mengerti melalui alat pendengarannya (auditif) dan alat penglihatannya (visual) maka dari itu anak diajarkan dengan mendengarkan disertai dengan menunjukkan gambarnya (demonstrasi). Anak perlu diberikan ilmu pengetahuan salah satunya tentang macam-macam “Hewan Reptil” khas Indonesia beserta makanan favorit hewan reptil tersebut. Pengenalan macam-macam “Hewan Reptil” khas Indonesia beserta makanan favorit hewan reptil tersebut dirasa sangat penting bagi anak karena dapat menambakan pengetahuan serta kecintaan mereka pada hewan reptil khas Indonesia sehingga di keesokan harinya mereka akan menjaga kelestarian hewan reptil tersebut.

Pembuatan aplikasi Feed The Reptile Animals ini menggunakan berbagai software yaitu Vuforia Developer untuk membuat fitur marker, Vuforia SDK untuk mendapatkan ARCamera dan ImageTarget, Unity3D untuk membuat Augmented Reality, Blender untuk pembuatan objek 3D dan Adobe Photoshop untuk membuat desain marker dan layout.

Kehadiran teknologi Augmented Reality pada aplikasi media pembelajaran ini diharapkan dapat memberikan kemudahan dalam pembelajaran tentang macam-macam hewan reptil di Indonesia serta memberikan inovasi media pembelajaran yang menarik, menyenangkan dan mudah dimengerti bagi anak-anak di Taman Cerdas Solo.

Kata kunci : Augmented Reality, Hewan Reptil Indonesia, Feed The Reptile Animals, Edukasi, Media Pembelajaran, Taman Cerdas Solo.

 

×
Penulis Utama : Tutot Budi Lukito
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M3115138
Tahun : 2018
Judul : Pembuatan Aplikasi Feed The Reptile Animals Menggunakan Augmented Reality Technology di Taman Cerdas Solo Berbasis Android
Edisi :
Imprint : Surakarta - FMIPA - 2018
Program Studi : D-3 Ilmu Komputer Teknik Informatika
Kolasi :
Sumber : UNS-FMIPA, Prog. Studi DIII Teknik Informatika- M3115138-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ovide Decroly Wisnu Ardhi, S.T., M.Eng
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.