Penulis Utama : Zulfikar
NIM / NIP : C0913050
×

ABSTRAK


Tujuan perancangan ini adalah menciptakan produk baru untuk keberagaman produk sepatu etnik. Perancangan ini juga bertujuan untuk melakukan inovasi produk dari hasil penerapan teknik Kasab Aceh didalamnya. Kemudian pengembangan desain motif modern dengan teknik Kasab, berfokus pada pengolahan visual (motif) dapat menyesuaikan pola yang diinginkan.
Metode desain yang dipakai senantiasa memanfaatkan metode dari displin ilmu lain seperti desain teknik, dalam tahapan sebagai berikut: (1) Tahap studi kelayakan yaitu menentukan konsep yang layak melalui studi kelayakan. (2)Tahap desain awal yaitu sebagai awal dari mendesain melalui pemilihan dan pengembangan konsep yang terbaik (3) Tahap desain yang rinci yaitu merinci secara detail dari sebuah uraian teknik mengenai konsep tersebut. (4) Tahap perencanaan yaitu menilai dan merubah konsep untuk disesuaikan dengan kebutuhan-kebutuhan produksi, distribusi, konsumsi, dan penyisihan produk. (5) Tahap umpan balik/reaksi yaitu sebagai umpan balik apabila terjadi kekeliruaan.
Hasil dari perancanan desain sebagai berikut: (1) produk yang dihasilkan unik dan memiliki ciri khas. (2) bahan  yang digunakan menjadi inovasi baru dikalangan Kasab. (3) pengembangan motif secara kontemporer dengan arahan aspek estetis sehingga muncul suatu kebaharuan. (4) potensi visual dari jahitan yang dikerjakan manual menjadi unsur etnik pada karya ini. Sehingga dari perpaduan ini dapat menjadi kekuatan desain yang mempunyai nilai pembeda yang tinggi dibandingkan dengan produk sepatu etnik lain.


Kata Kunci     : Kasab, Sepatu, Upper, Edgy Style.

 

×
Penulis Utama : Zulfikar
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0913050
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Teknik Kasab Aceh pada Produk Sepatu Wanita Dewasa
Edisi :
Imprint : Surakarta - FSRD - 2018
Program Studi : S-1 Kriya Seni
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Seni Rupa dan Desain, Prog. Studi Kriya Tekstil - C0913050-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Adji Isworo Josef, M.Sn,
2. Ratna Endah Santoso, S.Sn, M.Sn
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Seni Rupa dan Desain
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.