Penulis Utama : Khoerul Amin
NIM / NIP : K7114085
×

Tujuan penelitian ini yaitu: 1) mendeskripsikan penerapan model problem based learning dengan media kartu soal, 2) meningkatkan pembelajaran IPS pada siswa kelas 4 SDN 2 Tanggulangin tahun ajaran 2017/2018, 3) mendeskripsikan kendala dan solusi dalam penerapan model problem based learning dengan media kartu soal dalam pembelajaran IPS tentang sumber daya alam dan kegiatan ekonomi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus dengan lima kali pertemuan. Data berasal dari siswa, guru, dan dokumen. Teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi, dan wawancara. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dilakukan secara kualitaitf dan kuantitatif.
Hasil penelitian ini antara lain: 1) penerapan model problem based learning dengan media kartu soal dilaksanakan dengan langkah langkah sebagai berikut: a) menghubungkan materi dengan pengetahuan siswa; b) membentuk kelompok; c) mengorientasikan terhadap masalah menggunakan media kartu soal; d) meneliti dan mendiskusikan masalah; e) membuat laporan hasil diskusi; f) mempresentasikan sulusi atas masalah; g) konfirmasi dan penguatan hasil diskusi; dan h) kesimpulan umum, 2) penerapan model problem based learning dengan media kartu soal dapat meningkatkan pembelajaran IPS, hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya proses dan hasil belajarnya, ketuntasan hasil belajar IPS pratindakan 48%, meningkat setelah dilakukannya tindakan menjadi 89%, keaktifan siswa dalam proses pembelajaran juga mencapai 90%, 3) kendala dalam penelitian ini yaitu: a) keaktifan antarkelompok tidak sama; b) siswa kurang mandiri dalam mencari informasi; dan c) siswa kurang percaya diri dalam mempresentasikan hasil diskusi. Solusi untuk mengatasi kendala tersebut, yaitu: a) membagian kelompok sebaiknya dilakukan dengan melibatkan siswa; b) memotivasi siswa supaya siswa aktif danpercaya diri.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan model probem based learning dengan media kartu soal dapat meningkatkan pembelajaran IPS tentang kegiatan ekonomi dan sumber daya alam pada siswa kelas 4 SDN 2 Tanggulangin tahun ajaran 2017/2018.

 

×
Penulis Utama : Khoerul Amin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7114085
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Model Problem Based Learning dengan Media Kartu Soal untuk Meningkatkan Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas 4 SDN 2 Tanggulangin Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. PGSD-K7114085-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. M. Chamdani, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.