Penulis Utama : Muhammad Rizky Gilang Muharrom
NIM / NIP : K1511032
×

Tujuan penelitian adalah untuk, (1) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X TGB A SMK N 4 Sukoharjo pada mata pelajaran Menggambar dengan Perangkat Lunak dengan menerapkan metode demonstrasi dengan Miniatur, (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X TGB A SMK N 4 Sukoharjo pada mata pelajaran Menggambar dengan Perangkat Lunak dengan menerapkan metode demonstrasi dengan miniatur dan program Google Sketchup Viewer.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X TGB A SMK N 4 Sukoharjo yang berjumlah 36 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi atau arsip. Validitas data menggunakan teknik triangulasi.
Penerapan metode demonstrasi dengan miniatur dan program Google Sketchup Viewer dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini dilihat dari nilai akhir yang didapat dari jumlah 50% kognitif, 20?ektif, dan 30% psikomotorik siswa meningkat pada setiap siklusnya. Pada pra siklus persentase siswa yang tuntas adalah 44,5%. Setelah metode demonstrasi dan miniatur diterapkan pada siklus I meningkat menjadi 63,9%. Kemudian setelah ditambahkan program Google Sketchup Viewer persentase nilai akhir siswa meningkat menjadi 75% pada siklus II.Simpulan  penelitian ini adalah Penerapan metode metode demonstrasi dengan miniatur dan program Google Sketchup Viewer dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan memperbaiki proses belajar.

 

×
Penulis Utama : Muhammad Rizky Gilang Muharrom
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1511032
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Metode Demonstrasi sebagai Upaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menggambar dengan Perangkat Lunak Siswa Kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 4 Sukoharjo Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Bangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Teknik Bangunan-K1511032-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ernawati Sri Sunarsih, S.T, M.Eng.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.