Penulis Utama : Niken Rizky Amalia Nuraini
NIM / NIP : K2313051
×

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikankan profil miskonsepsi pada materi Kinematika Gerak Lurus yang dialami oleh siswa SMA kelas X di Surakarta menggunakan tes diagnostik empat tahap dengan computer based test. Data diperoleh melalui tes diagnostik empat tahap secara luring. Tahap pertama yaitu pertanyaan yang berbentuk pilihan ganda dengan dua pilihan. Tahap kedua dan tahap keempat yaitu tahap untuk mengidentifikasi tingkat kepercayaan diri. Tahap ketiga yaitu alasan dari soal tahap pertama. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitiatif. 
Berdasarkan analisis data dan pembahasan, dapat ditarik kesimpulan bahwa sebanyak 36,6 % siswa SMA kelas X di Surakarta mengalami miskonsepsi dalam materi Kinematika Gerak Lurus. Sedangkan siswa yang sudah paham konsep hanya sebesar 19,4 %. Selain itu, juga terdapat 26,4 % siswa yang kurang paham konsep dan 17,5 % siswa yang masih error dalam mengerjakan tes diagnostik miskonsepsi tersebut. Dari instrumen yang telah diujikan dan wawancara yang telah dilakukan, didapatkan 45 profil miskonsepsi, dengan satu profil termasuk kategori tinggi (78, 6 %, yaitu M18: benda yang massanya lebih besar, waktu jatuh bebasnya lebih cepat), 10 profil termasuk dalam kategori sedang, dan 27 profil termasuk dalam kategori rendah. Profil miskonsepsi yang dianggap berarti adalah profil-profil yang masuk dalam kategori sedang dan tinggi, yaitu: 1). Benda yang waktu kedatangannya lebih akhir memiliki waktu tempuh lebih lama; 2) Benda yang massanya lebih besar, waktu jatuh bebasnya lebih cepat; 3) Jika percepatan benda nol, maka benda diam, sehingga kecepatannya juga nol; 4) Benda yang kecepatan sesaatnya nol tidak mengalami percepatan; 5) Benda yang dilempar ke atas pada titik tertinggi percepatannya nol, karena kecepatannya  nol; 6) Benda yang berhenti percepatannya selalu nol; 7) Pada grafik x-t bila kurvanya mendatar maka benda bergerak lurus sesuai dengan nilai x; 8) Pada grafik x-t bila kurvanya miring ke atas atau  ke bawah  maka benda bergerak diperlambat atau dipercepat; 9) Gradien yang bernilai tetap dari suatu grafik kecepatan selalu menunjukkan bahwa arah gerak benda tetap; 10) Gradien yang bernilai positif dari suatu grafik kecepatan selalu menunjukkan benda dipercepat; dan 11) Bentuk grafik kecepatan terhadap waktu sama dengan bentuk lintasan yang dilalui oleh benda.

 

×
Penulis Utama : Niken Rizky Amalia Nuraini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2313051
Tahun : 2018
Judul : Profil Miskonsepsi Siswa pada Materi Kinematika Gerak Lurus menggunakan Tes Diagnostik Empat Tahap dengan Computer Based Test untuk SMA Kelas X di Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Fisika-K2313051-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Pujayanto, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.