Penulis Utama : Nur Azizah
NIM / NIP : K8413053
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) hubungan antarapemanfaatan media pembelajaran siswa dengan prestasi belajar Sosiologi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kartasura. (2) hubunganantara minat belajar dengan prestasi belajar Sosiologi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kartasura. (3) hubungan antara pemanfaatan media pembelajaran dan minat belajar dengan prestasi belajar Sosiologi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kartasura.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA 1 Kartasura yang berjumlah 163 siswa. Sampel yang digunakan sejumlah 60 siswa yang diambil dengan teknik cluster sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis korelasi ganda.
Kesimpulan penelitian ini bahwa : (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara media pembelajaran dengan prestasi belajar Sosiologi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kartasura dengan nilai r Pearson sebesar 0,573 dan angka signifikansi 0,000, (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikanantara minat belajar dengan prestasi belajar Sosiologi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kartasura dengan nila r Pearson sebesar 0,587 dan angka signifikansi 0,000, (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara media pembelajaran dan media belajar dengan prestasi belajar Sosiologi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kartasura dengan Fhitung30,053 dan angka signifikansi 0,000. Jadi dapat dinyatakan bahwa media pembelajaran dan minat belajar secara bersama-sama memiliki memiliki Hubunganyang positif dan signifikan dengan prestasi belajar sosiologi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kartasura.

 

×
Penulis Utama : Nur Azizah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8413053
Tahun : 2018
Judul : Hubungan antara Pemanfaatan Media Pembelajaran dan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kartasura
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Sosiologi Antropologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Sosiologi Antropologi-K8413053-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Slamet Subagya, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.