Penulis Utama : Siwi Hesti Utami
NIM / NIP : G0015215
×

ABSTRAK

Pendahuluan: Perkembangan motorik perlu diperhatikan untuk mendeteksi ada tidaknya keterlambatan dalam perkembangan bayi yang dapat berpengaruh terhadap   potensinya   di   masa   mendatang.   Perkembangan   motorik   dapat dipengaruhi oleh pemberian ASI eksklusif dan lingkar kepala. ASI eksklusif mengandung laktosa, taurin, DHA, dan AA yang penting untuk perkembangan motorik. Lingkar kepala berkaitan dengan perkembangan otak yang merupakan salah satu organ pengendali motorik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pemberian ASI eksklusif dan lingkar kepala dengan perkembangan motorik bayi usia 6-12 bulan di Surakarta.

Metode: Penelitian pendekatan analitik observasional dengan desain studi cross sectional dilakukan pada bulan Oktober dan November 2018 di Wilayah Puskesmas Gajahan dan Puskesmas Ngoresan Surakarta. Subjek penelitian adalah bayi usia 6-12 bulan yang memenuhi kriteria inklusi. Penelitian dilakukan dengan mengolah data wawancara, pengukuran lingkar kepala, dan penilaian perkembangan motorik. Sampel penelitian berjumlah 84 yang dipilih secara purposive. Data kemudian dianalisis menggunakan uji Chi Square, Odds Ratio (OR), dan regresi logistik.

Hasil: Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemberian ASI eksklusif (p < 0 xss=removed xss=removed>0,208; OR = 5,35), pemberian MPASI (p = 0,242; OR = 0,52), jenis kelamin (p =
0,400; OR  = 1,59),  dan  usia  (p = 0,432;  OR = 0,65)  dengan  perkembangan motorik bayi usia 6-12 bulan.

Kesimpulan: Bayi berusia 6-12 bulan yang diberi ASI eksklusif dan memiliki ukuran lingkar kepala normal berpeluang lebih besar untuk mengalami perkembangan motorik sesuai umur.
Kata kunci: ASI eksklusif, lingkar kepala, perkembangan motorik

 

×
Penulis Utama : Siwi Hesti Utami
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0015215
Tahun : 2018
Judul : Hubungan Pemberian Asi Eksklusif dan Lingkar Kepala dengan Perkembangan Motorik Bayi Usia 6-12 Bulan di Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran, Prog.Studi Kedokteran - G0015215-2018.
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Budiyanti Wiboworini, dr., M.Kes., Sp.GK
2. Dr. Eti Poncorini P., dr., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.