Penulis Utama : Mas'udah
NIM / NIP : C1014028
×


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kohesi referensi personal, demonstratif, dan komparatif. Sumber data penelitian ini adalah tiga teks yang terdapat dalam LKS bahasa Arab untuk kelas XI semester I terbitan MGMP seKaresidenan Surakarta, yaitu berjudul Amalul-Murahiqin, Al-ChayatushShichiyyah, dan Shichchatul-Jismi fil-Islam. Penyediaan data menggunakan metode simak, analisis data menggunakan metode agih, dan penyajian hasil
analisis data dalam bentuk laporan informal.
Teks-teks dalam LKS tersebut merupakan salah satu bentuk wacana karena telah memenuhi kohesi antar unsur pembentuknya, terkhusus kohesi referensi, yaitu meliputi kohesi referensi personal atau dhamir, demonstratif atau ismul-isyarah, dan komparatif atau ismut-tafdhil.
Pertama, berdasarkan jumlah, gender, dan jenis kelamin, dhamir dibagi menjadi dua, yaitu pronomina persona (meliputi pronomina persona pertama jama’, kedua tunggal mudzakkar, kedua jama’ mudzakkar, ketiga tunggal mudzakkar, ketiga tunggal mu’annats, serta ketiga jama’ mudzakkar) dan pronomina nonpersona (berupa pronomina nonpersona ketiga tunggal mudzakkar dan ketiga tunggal mu’annats); berdasarkan kenampakannya terbagi menjadi
dhamir mustatir dan dhamir bariz; sedangkan berdasarkan kedekatannya meliputi dhamir muttashil dan dhamir munfashil. Kedua, ismul-isyarah terdapat ismulisyarah dekat (hadza dan hadzihi)serta ismul-isyarah jauh (dzalika). Ketiga, ismut-tafdhil ditemukan dalam bentuk lafal ahammu.


 

×
Penulis Utama : Mas'udah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C1014028
Tahun : 2018
Judul : Kepaduan Referensial Teks Arab (Studi Kasus Teks-teks dalam Lembar Kerja Siswa Bahasa Arab Kelas XI Semester I Terbitan MGMP Se-Karesidenan Surakarta).
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Bidaya - 2018
Program Studi : S-1 Sastra Arab
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya, Jur Sastra Arab-C1014028-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Muhammad Ridwan, S.S., M.A.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.