Penulis Utama : Rizal Ajie Pamungkas
NIM / NIP : I0114105
×

Banyaknya limbah plastik yang ada saat ini menjadikan suatu masalah terhadap lingkungan saat ini. Sebagai contoh adalah limbah botol plastik. Jenis limbah botol plastik tersebut adalah jenis PET(polyethylene terephthalate). Hampir setiap hari banyak orang menggunakan plastic jenis tersebut. Semakin banyaknya limbah plastic PET yang dihasilkan, maka perlu adanya pemanfaatan untuk mencegah semakin menumpuknya limbah plastik tersebut. Dalam penelitian ini, plastic PET digunakan sebagai pengganti sebagian agregat yang lolos saringan no ½ dan tertahan saringan no 4. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik marshall campuran Asphalt Concrete dengan bahan pengganti agregat plastik PET serta membandingkan kadar optimum yang didapat dari campuran limbah plastik PET dengan campuran Asphalt Concrete tanpa menggunakan plastik. Hasil yang didapat digunakan untuk menentukan kelayakan campuran plastic pengganti PET untuk digunakan pada perkerasan Asphalt Concrete.
Metode yang digunakan adalah dengan melakukan penggantian sebagian agregat yang lolos saringan no ½ dan tertahan saringan no 4, dengan kadar penggantian 50%, 75%, dan 100%. Suhu yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan suhu normal. Suhu pemanasan agregat dan aspal 150°C dan suhu pencampuran 170°C.
Penambahan plastik PET (polyethylene terephthalate) sebagai pengganti sebagian agregat lolos saringan No ½ dan tertahan saringan No 4 dapat meningkatkan nilai karakteristik Marshall yaitu menaikan nilai stabilitas, nilai Marshall Quoutient, VMA, VFA, dan menurunkan nilai Flow dan VIM. Hasil penelitian dari kadar optimum aspal dari setiap kadar plastik yang digunakan menunjukan bahwa nilai stabilitas terbesar pada kombinasi aspal 5% dan plastic 100% yaitu sebesar 4784,032 kg. Nilai flow terbesar 6,68 mm pada kombinasi aspal 5% dan plastic 50%. Nilai marshall quotient (MQ) terbesar 858,021 kg/mm pada kombinasi aspal 5% dan plastic 100%. Pada komposisi aspal tanpa campuran plastic berturut-turut untuk nilai stabilitas, flow, dan MQ sebesar 904,685 kg, 3,6 mm, 252,759 kg/mm. Hasil ini menunjukan bahwa plastic PET yang digunakan sebagai pengganti sebagian agregat terbukti dapat meningkatkan nilai karakteristik marshall sehingga layak untuk dijadikan sebagai campuran perkerasan aspal

×
Penulis Utama : Rizal Ajie Pamungkas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0114105
Tahun : 2018
Judul : Desain Asphalt Concrete Dengan Limbah Plastik Jenis PET (Polyethylene Terephthalate) Sebagai Pengganti Sebagian Agregat Menggunakan Marshall Test.
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2018
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik, Jur Teknik Sipil-I0114105-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Ary Setyawan, MSc, PhD
2. Ir. Djoko Sarwono, M.T
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.