Penulis Utama : Tri Yuliono
NIM / NIP : S031602020
×

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mendeskripsikan keadaan perangkat pembelajaran IPA yang digunakan di sekolah dasar; 2) Untuk mengetahui kebutuhan media pembelajaran IPA sebagai bagian dari perangkat pembelajaran di sekolah dasar; 3) Untuk mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran berbasis Augmented Reality sebagai bagian dari perangkat pembelajaran IPA bagi siswa sekolah dasar di kabupaten Sragen; dan 4) Untuk menguji keefektifan pembelajaran  pencernaan  manusia  melalui  media  berbasis  Augmented Reality dalam pembelajaran IPA bagi siswa sekolah dasar di kabupaten Sragen.
Penelitian  ini  merupakan  Penelitian  dan Pengembangan  (Research  and Development / R&D) Borg dan Gall kemudian dirangkum oleh Sukmadinata. Populasi penelitian adalah semua peserta didik sekolah dasar kelas V di kabupaten Sragen dengan jumlah 13.173 peserta didik dan sampelnya 140 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling. Perlakuan menggunakan perangkat pembelajaran Augmented Reality selama 4 kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes. Instrumen tes terdiri atas 25 soal pilihan ganda materi sistem pencernaan pada manusia. Data yang dikumpulkan berupa skor penguasaan konsep sistem pencernaan pada manusia kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) Keadaan perangkat pembelajaran  IPA  yang digunakan di sekolah dasar masih standar belum ada pengembangan;   2)   Berdasarkan   analisis   keadaan   perangkat   pembelajaran, observasi dan wawancara guru, pembelajaran tematik membutuhkan perangkat pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dan perangkat pembelajaran yang menyenangkan serta perangkat pembelajaran yang dapat meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran; 3) Perangkat pembelajaran telah dikembangkan, diuji kevalidannya dan kepraktisannya dapat diimplementasikan dengan baik  dalam pembelajaran tematik kelas V Sekolah Dasar; dan 4) Terdapat keefektifan perangkat pembelajaran Augmented Reality terhadap penguasaan konsep sistem pencernaan  manusia pada peserta didik  Kelas  V  Sekolah  Dasar di  kabupaten Sragen.

 

×
Penulis Utama : Tri Yuliono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S031602020
Tahun : 2018
Judul : Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pencernaan Manusia Berbasis Augmented Reality Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Ipa Siswa Kelas V Sekolah Dasar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Prodi Magister PGSD-S031602020-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sarwanto, S.Pd., M.Si.,
2. Dr. Peduk Rintayati, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.