Penulis Utama : Dika Adi Pradana
NIM / NIP : K7114505
×

Tujuan Penelitian ini, yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model VAK dengan multimedia dalam peningkatan keterampilan seni musik melodis pada siswa kelas VI SDN Tepuswetan tahun ajaran 2017/2018, (2) mendeskripsikan  model  VAK  dapat  meningkatkan  keterampilan  seni  musik melodis pada siswa kelas VI SDN Tepuswetan tahun ajaran 2017/2018, dan (3) mendeskripsikan respon dan kendala serta solusi siswa dalam penerapan model VAK  dengan  multimedia dalam  peningkatan keterampilan  seni  musik melodis pada siswa kelas VI SDN Tepuswetan tahun ajaran 2017/2018.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap pertemuan terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VI SD Negeri Tepuswetan tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 22 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Teknik  pengumpulan  data  menggunakan  tes,  observasi,  pedoman  wawancara, serta angket data. Validitas data menggunakan  triangulasi teknik dan sumber. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) langkah-langkah penerapan model VAK dengan multimedia dalam peningkatan keterampilan bermain musik melodis pada siswa kelas VI SD Negeri  Tepuswetan  tahun  ajaran  2017/2018 yaitu: (a) persiapan; (b) penyampaian; (c) pelatihan; (d) penampilan hasil, (2) penerapan model VAK dengan multimedia dapat meningkatkan keterampilan seni musik  melodis  siswa,  dibuktikan dengan  peningkatan  tingkat  ketuntasan  hasil belajar siswa pada siklus I-III, yaitu 76,14%, 79,55%, 90,1%; (3) respon siswa terhadap pembelajaran seni musik setelah menggunakan model VAK pada umumnya lebih semangat daripada sebelum menggunakan model  VAK. Siswa menanggapi positif pembelajaran seni musik, merasa senang dengan cara guru menyampaikan materi pelajaran dan suasana belajar yang baru di kelas. Kendala penerapan model VAK dengan multimedia yaitu: (a) beberapa siswa mengobrol dengan temannya, (b) sebagian siswa belum berani tampil tanpa ditunjuk guru, dan (c) beberapa siswa belum membentuk kelompok secara heterogen. Adapun solusinya yaitu: (a) siswa diingatkan untuk tidak mengobrol dengan temannya, (b) siswa dimotivasi untuk menampilkan hasil latihan tanpa harus ditunjuk guru, dan (c) guru membantu siswa agar membentuk kelompok yang heterogen.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penerapan model Visualization Auditory Kinesthetic dengan multimedia dapat meningkatkan keterampilan seni musik melodis siswa kelas VI SDN 1 Tepuswetan tahun ajaran 2017/2018.

 

×
Penulis Utama : Dika Adi Pradana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7114505
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Model Visualization Auditory Kinesthetic Dengan Multimedia Dalam Peningkatkan Keterampilan Seni Musik Melodis Pada Siswa Kelas VI SD Negeri Tepuswetan Tahun ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi PGSD-K7114505-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Tri Saptuti Susiani, M.Pd
2. Kartika Chrysti S., M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.