Penulis Utama : Dinda Yulia Putri
NIM / NIP : K2213021
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah Task-Based Instruction dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa, dan (2) Bagaimana situasi kelas selama Task-Based Instruction diterapkan di kelas X-BKP SMK N 2 Surakarta tahun ajaran 2017/2018.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu; (1) Peemecahan Masalah; (2) Perencanaan Tindakan; (3) Tindakan; dan (4) Evaluasi dan Tindak Lanjut. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, kuesioner, tes dan catatan lapangan. Data dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-BKP SMK N 2 Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Jumlah siswa sebanyak 29 siswa yang terdiri dari 4 siswa perempuan dan 25 siswa laki-laki.  

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Task-Based Instruction dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Hal ini dapat terlihat dari meningkatnya nilai rata-rata siswa di tiap siklus. Nilai rata-rata siswa pada pre-test adalah 47.45. Nilai tersebut meningkat pada pot-test 1 menjadi 67.93. Sementara itu pada post-test 2, nilai rata-rata siswa menjadi 72.07. Data nilai tersebut diperoleh berdasarkan lima indikator kemampuan berbicara yaitu pronunciation, grammar, vocabulary, intonation, and fluency. Sementara itu, pada segi situasi kelas menunjukkan suasana positif selama penerapan Task-Based Instruction. Hal ini dapat dilihat dari munculnya keseluruhan indikator kondisi kelas pada setiap siklus. Indikator tersebut antara lain involvement, affiliation, teacher supports, task orientation, competition, order and organization, rule clarity, teacher control and innovation.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Task-Based Instruction dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas X-BKP SMK N 2 Surakarta tahun ajaran 2017/2018 dan menunjukkan suasana kelas yang positif. Meskupun masih terdapat kelemahan dalam penelitian ini, diharapkan supaya penelitian ini dapat menginspirasi peneliti yang lain untuk mengadakan penelitian serupa

 

×
Penulis Utama : Dinda Yulia Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2213021
Tahun : 2018
Judul : Implementing Task Based Instruction To Enhance The Students’ Speaking Skill (A Classroom Action Research at The First Grade Students of SMK N 2 Surakarta of Class X-BKP in the Academic Year of 2017/2018)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa Inggris
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi Pendidikan Bahasa Inggris-K2213021-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Muhammad Asrori, M.Pd
2. Ellisa Indriyani Putri Handayani, S.Pd., M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.