Penulis Utama : Dyah Ayu Pitaloka
NIM / NIP : K3112023
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan layanan informasi bimbingan pribadi dalam meningkatkan etika pergaulan di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian quasi eksperimen. Jenis desain penelitian eksperimen semu yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design, yang terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Saradan Madiun tahun pelajaran 2016/2017. Satu kelas digunakan sebagai kelompok kontrol dan satu kelas digunakan sebagai kelompok eksperimen.
Hasil penelitian menunjukkan penerapan layanan informasi bimbingan pribadi terbukti efektif  untuk meningkatkan etika pergaulan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Saradan Madiun. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil pengujian data posttest antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol diperoleh uji Mann-Whitney U sebesar 165.500 dan harga uji Z sebesar -3.970 dengan taraf signifikansi sebesar 0,000. Jika 0,000  < 0>Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa layanan informasi bimbingan pribadi terbukti efektif untuk meningkatkan etika pergaulan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Saradan Madiun pada tahun 2016/2017. Guru BK perlu menambah waktu pemberian layanan atau menggunakan metode lain untuk meningkatkan etika pergaulan secara lebih efektif.


Keywords: layanan informasi bimbingan pribadi,untuk meningkatkan, etika pergaulan.

 

 

×
Penulis Utama : Dyah Ayu Pitaloka
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3112023
Tahun : 2017
Judul : Layanan Informasi Bimbingan Pribadi Untuk Meningkatkan Etika Pergaulan Di Sekolah (Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 Saradan Madiun Tahun Pelajaran 2016/2017)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-P. KIP Jur. Bimbingan dan Konseling-K3112023-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Siti S. Fadhilah, M.Pd
2. Ulya Makhmudah M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.