Penulis Utama : Mutia Tonik Permatasari
NIM / NIP : K3113045
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan teknik curah pendapat untuk meningkatkan pemikiran kritis peserta didik kelas VII SMP N 1 Tasikmadu Tahun Ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan penelitian quasi experiment jenis nonequialent control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 peserta didik kelas VII SMP N 1 Tasikmadu yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data yang dikumpulkan adalah data pretest (sebelum treatment) dan data posttest (sesudah treatment). Teknik pengumpulan data menggunakan angket pemikiran kritis.
Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Mann-Whitney yang bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan antara skor pemikiran kritis peserta didik kelompok ekperimen dan kelompok kontrol. Hasil pengujian data diperoleh uji Mann-Whitney U sebesar 56,500 dan harga uji Z sebesar-2,328 dapat diketahui bahwa Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0,020 terdapat probabilitas kesalahan hipotesis dibawah 0,05. Untuk mendapatkan uji satu sisi maka ????,???????????? ???? = 0,01, jadi 0,01< 0>Simpulan dari hasil penelitian ini adalah teknik curah pendapat efektif untuk meningkatkan pemikiran kritis peserta didik kelas VII SMP N 1 Tasikmadu.
Kata Kunci : Teknik Curah Pendapat, Pemikiran Kritis,

 

×
Penulis Utama : Mutia Tonik Permatasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3113045
Tahun : 2017
Judul : Teknik Curah Pendapat Untuk Meningkatkan Pemikiran Kritis Peserta Didik Kelas VII SMP N 1 Tasikmadu Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-P. KIP Jur. Bimbingan dan Konseling-K3113045-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Asrowi, M.Pd,
2. Dra. Wardatul Djannah, M.Pd,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.