Penulis Utama : Agus Kuncoro
NIM / NIP : K7114006
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan pendekatan RME dengan media konkret untuk meningkatkan pembelajaran matematika tentang perkalian, (2) meningkatkan pembelajaran matematika tentang perkalian melalui penerapan pendekatan RME dengan media konkret, dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan pendekatan RME dengan media konkret untuk meningkatkan pembelajaran matematika tentang perkalian.
Penelitian tindakan kelas kolaboratif ini dilaksanakan selama tiga siklus, masing-masing siklus terdiri atas dua pertemuan. Setiap pertemuan terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes (observasi dan wawancara). Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan pendekatan RME dengan media konkret dilaksanakan dengan empat langkah sebagai berikut: (a) memahami masalah kontekstual dengan menggunakan media konkret; (b) menyelesaikan masalah kontekstual dengan media konkret; (c) membandingkan, mendiskusikan, dan melengkapi jawaban, dan (d) menyimpulkan; (2) penerapan pendekatan RME dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran matematika tentang perkalian dibuktikan dengan persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 67,25%, siklus II menjadi 75%, dan siklus III menjadi 88,5%; dan (3) kendala dalam penelitian ini yaitu: (a) siswa masih kurang aktif menggunakan media; (b) siswa masih kebingungan dalam membandingkan, mendiskusikan dan melengkapi jawaban. Solusinya yaitu: (a) guru meminta siswa untuk aktif mengggunakan media; (b) guru lebih optimal membimbing siswa dalam membandingkan, mendiskusikan dan melengkapi jawaban.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan RME dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran pembelajaran matematika tentang bangun ruang pada siswa kelas II SDN 3 Tambakmulyo tahun ajaran 2017/2018.

Kata kunci: RME, Media Konkret, Perkalian

×
Penulis Utama : Agus Kuncoro
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7114006
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan Media Konkret untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika Tentang Perkalian pada Siswa Kelas II SDN 3 Tambakmulyo Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Prog. Studi PGSD-K7114006-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Tri Saptuti Susiani, M. Pd.
2. Moh. Salimi, M. Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.