Penulis Utama : Septika Rahmawati
NIM / NIP : K2312065
×

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa: (1) Penerapan pembelajaran Guided Inquiry Laboratory dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa kelas X MIA 2 SMA Negeri 1 Surakarta pada materi Fluida Statis. (2) Penerapan pembelajaran Guided Inquiry Laboratory dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas X MIA 2 SMA Negeri 1 Surakarta pada materi Fluida Statis.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc. Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus diawali tahap persiapan kemudian dilanjutkan tahap pelaksanaan siklus yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 2 SMA Negeri 1 Surakarta sebanyak 34 siswa. Sedangkan objek penelitian adalah sikap ilmiah dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Pemilihan objek dalam penelitian ini didasarkan pada hasil observasi awal yang menunjukkan bahwa siswa kelas X MIA 2 SMA Negeri 1 Surakarta memiliki sikap ilmiah dan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang rendah. Data penelitian diperoleh melalui tes, observasi, wawancara, angket dan kajian dokumen. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik atau metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif mengacu pada model analisis Miles dan Huberman yang didukung data kuantitatif.

Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dalam penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Penerapan pembelajaran Guided Inquiry Laboratory dalam pembelajaran Fisika materi pokok Fluida Statis dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa kelas X MIA 2 SMA Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Hal ini ditunjukkan dari peningkatan ketercapaian hasil observasi dan hasil angket dari Siklus I ke Siklus II. Keenam komponen sikap ilmiah telah mencapai target ketercapaian pada Siklus II. (2) Penerapan pembelajaran Guided Inquiry Laboratory dalam pembelajaran Fisika materi pokok Fluida Statis dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas X MIA 2 SMA Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Hal ini ditunjukkan dari hasil tes kemampuan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang mengalami peningkatan dari Siklus I ke Siklus II. Ketiga indikator kemampuan kemampuan berpikir tingkat tinggi juga telah mencapai target pada Siklus II.

 

Kata kunci: Guided Inquiry Laboratory, Sikap Ilmiah, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi

<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin:0cm; mso-para-margin-bottom:.0001pt; text-align:justify; mso-pagination:widow-orphan; font-size:10.0pt; font-family:"Calibri",sans-serif; mso-bidi-font-family:"Times New Roman"; mso-ansi-language:EN-US; mso-fareast-language:EN-US;} </style> <![endif]-->

×
Penulis Utama : Septika Rahmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2312065
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Pembelajaran Guided Inquiry Laboratory Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Materi Fluida Statis Kelas X MIA 2 SMA Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber : UNS-P. KIP Jur. Studi Pendidikan Fisika -K2312065-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sukarmin, S.Pd., M.Si., Ph.D.,
2. Elvin Yusliana Ekawati, S.Pd., M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.