Penulis Utama : Fuad Setiawan
NIM / NIP : K4213032
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1) Diksi pada antologi geguritan Bledheg Segara Kidul karya Turiyo Ragil Putro (2007), (2) Gaya bahasa pada antologi geguritan Bledheg Segara Kidul karya Turiyo Ragil Putro (2007), (3) Citraan/imaji pada antologi geguritan Bledheg Segara Kidul karya Turiyo Ragil Putro (2007), (4) Ciri khas kepengarangan pada antologi geguritan Bledheg Segara Kidul karya Turiyo Ragil Putro (2007), (5) Relevansi antologi geguritan Bledheg Segara Kidul karya Turiyo Ragil Putro (2007) dalam pembelajaran sastra di SMA.
Metode penelitiannya adalah deskriptif-kualitatif dengan pendekatan stilistika. Sumber data dokumen dan informan. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data adalah teknik analisis dokumen dan wawancara. Teknik uji validitas data adalah triangulasi sumber data dan triangulasi teori. Tahap analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini: (1) Temuan penggunaan diksi yang meliputi kata konotatif, kata konkret, kata nama diri atau sapaan, kata serapan, kata vulgar, dan kata dengan objek realitas alam; (2) Temuan penggunaan gaya bahasa yang terdiri dari ragam gaya bahasa dalam bahasa Jawa (paribasan, bebasan, saloka, pepindhan, panyandra), dan gaya bahasa permajasan (majas repetisi anafora, repetisi mesodiplosis, repetisi epizeuksis, erotesis, metonimia, antonomasia, koreksio, fabel, paralelisme, metafora, simile atau persamaan, ironi, pleonasme, sinekdoke (totem pro parte), hiperbol, epitet, alegori, personifikasi, hipalase, klimaks, asonansi, eponim, dan antithesis); (3) Temuan penggunaan citraan/imaji yang meliputi citraan penglihatan, pendengaran, gerakan, perabaan, penciuman, pengecapan, dan intelektual; (4) Ciri khas kepengarangan yaitu, penggunaan yang dominan kata konotatif dengan 118 data, panyandra dengan 69 data, majas metafora dengan 23 data, dan citraan penglihatan dengan 71 data, serta struktur tipografi abstrak dengan margin rata kiri, berisi tentang kehidupan sosial masyarakat, ditemukan pula penggunaan kosa kata Jawa dialek Kebumen. (5) Hasil analisis akan digunakan sebagai referensi dalam pembelajaran sastra mengenai geguritan di SMA. Relevansi dalam pembelajaran sastra mengenai teks geguritan di SMA tersebut, mengacu pada Kurikulum dan Silabus Mata Pelajaran Bahasa Jawa untuk SMA/SMALB/SMK/MA/MAK. Kompetensi Dasar (KD) 3.2. Menelaah teks geguritan, yaitu menelaah serta menceritakan isi dari geguritan.

Kata Kunci: Antologi Bledheg Segara Kidul, Diksi, Gaya bahasa, Citraan/imaji, Ciri khas kepengarangan, Pembelajaran sastra di SMA.

×
Penulis Utama : Fuad Setiawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4213032
Tahun : 2018
Judul : Analisis Stilistika Geguritan pada Antologi Bledheg Segara Kidul Karya Turiyo Ragil Putro dan Relevansinya dalam Pembelajaran Sastra di SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Prod Pendidikan Sudi Pendidikan Bahasa Jawa-K4213032-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Rahmat, S.S., M.A.,
2. Dr. Rr. E. Nugraheni Eko Wardani, S.S., M. Hum.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.