Penulis Utama : Galuh Lukitasari
NIM / NIP : K7114054
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi melalui penerapan strategi DWA (Directed Writing Activity) siswa kelas V SDN Munggung 1 tahun ajaran 2017/2018.
Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN Munggung 1 Surakarta yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Uji validitas data yang digunakan adalah validitas isi serta triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis model interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan nilai keterampilan menulis puisi dari pratindakan, siklus I, dan siklus II. Tingkat ketuntasan klasikal pada pratindakan sebesar 27,27% atau sebanyak 9 siswa dari 33 siswa dianggap tuntas. Pada siklus I, ketuntasan klasikal meningkat menjadi 54,5% atau 18 siswa tuntas, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 84,8% atau 28 siswa tuntas.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi DWA (Directed Writing Activity)dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas V SDN Munggung 1 tahun ajaran 2017/2018.

Kata Kunci: keterampilan menulis, menulis puisi, strategi DWA (Directed Writing Activity)

×
Penulis Utama : Galuh Lukitasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7114054
Tahun : 2018
Judul : Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Strategi Dwa (DIRECTED WRITING ACTIVITY) Siswa Kelas V SD Negeri Munggung 1 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Prod Studi PGSD-K7114054-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Siti Wahyuningsih, M. Pd.,
2. Drs. Tri Budiharto, M. Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.