Penulis Utama : Gresinda Putri Andyah Cahya
NIM / NIP : K5114021
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Student Team Achievement Division terhadap peningkatan perilaku asertif anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi SD A l Firdaus Surakarta.
Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan bentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain A B A.Subjek dalam penelitian ini adalah dua anak berkebutuhan khusus yaitu tunagrahita dan autis di sekolah inklusi SD Al Firdaus Surak arta. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi.Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif yang meliputi analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi.
Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan frekuensi perilaku asertif subjek KR dan MT. Perubahan rata rata perilaku subjek KR yaitu dari 7 kali pada fase A 1 menjadi 14 kali pada fase B, dan menjadi 12 kali pada fase A 2. Sementara, untuk subjek MT peru bahan rata rata perilaku dari 3 kali pada fase A-1 menjadi 9 kali pada fase B, dan menjadi 8 kali pada fase A 2.
Berdasarkan estimasi kecenderungan arah, diketahui bahwa frekuensi perilaku subjek KR dan MT meningkat dengan rata rata frekuensi rendah pada fase baseline 1 (A 1), kemudian mengamali peningkatan pada fase intervensi (B), dan kembali menurun pada baseline 2 (A 2) dengan frekuensi yang lebih tinggi dari fase awal. Kesimpulan penelitian ini adalah metode Student Team Achievement Division berpengar uh terhadap p eningkatkan perilaku asertif anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi SD Al Firdaus Surakarta.

Kata kunci:Pengaruh, Student Team Achievement Division , Perilaku Asertif, Anak Berkebutuhan Khusus.

×
Penulis Utama : Gresinda Putri Andyah Cahya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5114021
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Metode Student Team Achievement Division (STAD) terhadap Peningkatan Perilaku Asertif Siswa Berkebutuhan Khusus Kelas III di Sekolah Inklusi SD Al Firdaus Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Khusus/Luar Biasa
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Prod Pendidikan Luar biasa-K5114021-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Sunardi,M.Sc ,
2. Mohammad Anwar, M. Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.