Penulis Utama : Khomsatun Khoirun Nisa
NIM / NIP : K7114087
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan langkah penerapan model Problem Based Learning (PBL), (2) meningkatkan pembelajaran matematikatentang pecahan dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas III SD, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi dalam penerapan model Problem Based Learning (PBL).
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif.Penelitian dilaksanakan selama tiga siklus.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 3 Tambakmulyo tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 26 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes.Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data dilakukan menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data,dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah: (1) langkah penerapan model Problem Based Learning (PBL) yaitu: (a) orientasi masalah, (b) pengorganisasian siswa untuk belajar, (c) pembimbingan siswa, (d) penyajian hasil kerja, (e) analisis dan evaluasi pemecahan masalah; (2) penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan pembelajaran pecahan siswa. Terbukti dengan perolehan persentase ketuntasan hasil belajar siklus I = 86,54%, siklus II = 86,62%, dan siklus III = 96,15%; (3) kendala penggunaan langkah model Problem Based Learning (PBL), yaitu: (a) siswa kesulitan mengerjakan soal cerita, (b) waktu yang digunakan terlalu lama, (c) siswa belum berani mengungkapkan pendapat dan tanggapan, (d) siswa belum aktif dalam menanggapi apa yang guru sampaikan. Solusi dari kendala-kendala tersebut, yaitu: (a) guru memberi bimbingan pada siswa yang kesulitan mengerjakan soal cerita, (b) alokasi waktu diperhatikan, (c) guru perlu memberikan nilai tambah atau rewards, dan (d) guru memancing siswa agar aktif.
Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerpan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan pembelajaran tentangpecahan pada siswa kelas III SDN 3 Tambakmulyo tahun ajaran 2017/2018.

Kata kunci: Model Pembelajaran, Problem Based Learning (PBL), Pecahan

×
Penulis Utama : Khomsatun Khoirun Nisa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7114087
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika Tentang Pecahan pada Siswa Kelas III SDN 3 Tambakmulyo Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Prod Studi PGSD-K7114054-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Wahyudi, M. Pd
2. Dr. Rokhmaniyah, M.Pd,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.