Penulis Utama : Lilis Muryani
NIM / NIP : K7114508
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah penerapan model Numbered Heads Together dengan media Flashcard dalam peningkatan pembelajaran IPS tentang jenis pekerjaan pada siswa kelas III SD Negeri 1 Bumirejo tahun ajaran 2017/2018; (2) meningkatkan pembelajaran IPS tentang jenis pekerjaan pada siswa kelas III SD Negeri 1 Bumirejo tahun ajaran 2017/2018 melalui penerapan model Numbered Heads Together dengan media Flashcard; (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model Numbered Heads Together dengan media Flashcard dalam peningkatan pembelajaran IPS tentang jenis pekerjaan pada siswa kelas III SD Negeri 1 Bumirejo tahun ajaran 2017/2018.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif. Penelitian dilaksanakan selama tiga siklus. Sumber data dari penelitian ini yaitu guru dan siswa. Alat pengumpul data yang digunakan adalah observasi, pedoman wawancara dan tes hasil belajar siswa. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran numbered heads together dengan media flashcard dilaksanakan dengan langkahlangkah: (a) membagi kelas menjadi beberapa kelompok kecil lalu membagi nomor kepala, (b) memberikan tugas, (c) diskusi kelompok, (d) memanggil nomor siswa untuk presentasi, (e) diskusi secara klasikal, (f) kesimpulan; (2) penerapan model pembelajaran numbered heads together dengan media flashcard dapat meningkatkan pembelajaran IPS tentang jenis pekerjaan di kelas III SD Negeri 1 Bumirejo tahun ajaran 2017/2018, baik dari segi proses maupun hasil pembelajaran.; (3) kendala dan solusi yang dihadapi yaitu: a) guru kurang maksimal dalam membimbing pelaksanaan diskusi kelompok dan menentukan jawaban atau hasil diskusi; b) siswa malu dalam bertanya apabila mengalami kesulitan dan menyampaikan hasil diskusi kelompoknya; c) siswa belum menanggapi hasil diskusi kelompok lain, d) ada beberapa anak yang mengganggu mahasiswa ketika sedang mendokumentasikan kegiatan pembelajaran. Adapun solusi untuk menyelesaikan kendala-kendala tersebut, antara lain: a) mengarahkan guru untuk membimbing pelaksanaan diskusi kelompok dan memberikan jawaban atau hasil diskusinya secara maksimal; b) membangkitkan semangat siswa agar tidak malu bertanya ketika mengalami kesulitan serta tidak malu dalam menyampaikan hasil diskusi kelompoknya; d) mengkondisikan siswa agar mau menganggapi hasil diskusi kelompok lain, e) menegur siswa tersebut agar fokus
pada pembelajaran dan tidak mengganggu mahasiswa yang sedang mendokumentasikan kegiatan pembelajaran.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran numbered heads together dengan media flashcard dapat meningkatkan pembelajaran IPS tentang jenis pekerjaan di kelas III SD Negeri 1 Bumirejo.

Kata Kunci : numbered heads together, media flashcard, pembelajaran, IPS

×
Penulis Utama : Lilis Muryani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7114508
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together dengan Media Flashcard dalam Peningkatan Pembelajaran IPS Tentang Jenis Pekerjaan pada Siswa Kelas III SD Negeri 1 Bumirejo Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Prod Studi PGSD-K7114508-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Imam Suyanto, M.Pd.,
2. Ratna Hidayah, S.Pd., M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.