Penulis Utama : Deva Isnaini Romadhona Putra
NIM / NIP : F0114028
×

ABSTRAK

Kinerja reksa dana saham yang baik tergambar jika manajer investasi dapat memberikan expected return di atas rata-rata pada benchmark (return pasar). Dengan melihat kinerja reksa dana saham tersebut dapat menjadi pertimbangan bagi investor dalam menentukan mana reksa dana yang mampu menghasilkan return optimal di masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang dianggap mempengaruhi kinerja reksa dana Saham, dari sisi produk reksa dana yaitu; ukuran reksa dana dan kinerja terdahulu, serta dari sisi manajer investasi yaitu; kemampuan pemilihan saham, dan kemampuan peramalan pasar.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada reksa dana saham yang sudah secara aktif dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selama periode 2012-2016. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil olahan dari data sekunder yang bersumber dari laman www.indopremier.com, www.finance.yahoo.com, dan www.bi.go.id. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling berdasarkan jenis reksa dana saham berdenominasi Rupiah dan merupakan reksa dana berkinerja terbaik menurut Indo Premier dalam 5 tahun terakhir, sehingga diperoleh 20 reksa dana saham yang memenuhi kriteria. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan regresi data panel metode Generalized Least Square (GLS) dengan menggunakan software Microsoft Excel dan E-views 9.
Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan terdapat pengaruh signifikan antara ukuran reksa dana, kinerja terdahulu, stock selection skill, dan market timing ability terhadap kinerja reksa dana saham. Berdasarkan pengujian pengaruh secara parsial variabel bebas terhadap kinerja reksa dana saham, diperoleh hasil yaitu variabel ukuran reksa dana berpengaruh secara positif signifikan dengan koefisien sebesar 0.020735, kinerja terdahulu berpengaruh negatif signifikan dengan koefisien sebesar -0.767743, stock selection skill berpengaruh positif signifikan dengan koefisien sebesar 12.40351, dan market timing ability berpengaruh positif signifikan dengan koefisien sebesar 0.029607. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan manajer investasi dalam pemilihan saham (stock selection skill) menjadi hal utama  yang harus diperhatikan investor dalam memilih reksa dana saham dikarenakan memiliki koefisien positif terbesar dan signifikan terhadap kinerja di masa depan, sedangkan kinerja terdahulu tidak dapat menjadi acuan utama dikarenakan tidak konsistennya kinerja sehingga tidak bisa meramalkan return di masa yang akan datang.


Kata Kunci : Kinerja Reksa Dana Saham, Ukuran Reksa dana, Kinerja Terdahulu, Stock Selection Skill, Market Timing Ability, Data Panel.

 

×
Penulis Utama : Deva Isnaini Romadhona Putra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0114028
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Sisi Produk dan Manajer Investasi Terhadap Kinerja Reksa Dana Saham di Indonesia Periode 2012-2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2018
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. FEB. Jur. Ekonomi Pembangunan- F0114028-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Riwi Sumantyo, S.E., M.M.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.