Penulis Utama : Putri Kurnia Purwanti
NIM / NIP : K7114132
×

ABSTRAK

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif ini adalah: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan pendekatan saintifik dengan media model, (2) meningkatkan pembelajaran matematika tentang bilangan bulat melalui penerapan pendekatan saintifik dengan media model, dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan pendekatan saintifik dengan media model.
Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas IV SD Negeri Rejosari berjumlah 23 siswa. Sumber data pada penelitian ini yaitu siswa, guru, dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu non tes dan tes. Validasi data menggunakan teknik triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan pendekatan saintifik dengan media model dilaksanakan dengan langkah-langkah: (a) mengamati dengan media model, (b) menanya mengenai materi dengan media model, (c) mencoba dengan menggunakan media model, (d) menalar dengan bantuan media model, dan (e) mengkomunikasikan hasil dengan bantuan media model; (2) penerapan pendekatan saintifik dengan media model dapat meningkatkan pembelajaran matematika tentang bilangan bulat, terbukti persentase rerata kegiatan guru pada siklus I = 86,18%, siklus II = 88,85%, dan siklus III = 91,15%, persentase jumlah siswa yang tuntas pada siklus I = 86,04%, siklus II = 88,83%, dan siklus III = 91,10%; (3) kendala yang dihadapi yaitu: (a) beberapa siswa kurang memperhatikan penjelasan guru, (b) siswa kurang aktif bertanya, (c) siswa kurang aktif saat berdiskusi, (d) proses diskusi melebihi waktu yang ditentukan, (e) siswa kurang tertib saat kegiatan percobaan, dan menanggapi presentasi kelompok lain. Adapun solusiya yaitu: (a) guru memberi teguran pada siswa dan memberi pertanyaan kepada siswa yang tidak memperhatikan, (b) guru memancing siswa untuk bertanya dan memberikan reward bagi siswa yang bertanya, (c) guru meminta siswa untuk berpendapat saat diskusi, (d) guru mengingatkan waktu yang tersisa pada lima menit terakhir dan menghentikan kegiatan siswa saat waktu diskusi berakhir, (e) menegur dan mengingatkan siswa untuk tertib.
Simpulan penelitian ini yaitu penerapan pendekatan saintifik dengan media model dapat meningkatkan pembelajaran matematika tentang bilangan bulat pada siswa kelas IV SD Negeri Rejosari tahun ajaran 2017/2018.

Kata Kunci: pendekatan saintifik, media model, pembelajaran matematika

×
Penulis Utama : Putri Kurnia Purwanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7114132
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Media Model dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika Tentang Bilangan Bulat pada Siswa Kelas IV SD Negeri Rejosari Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Prod Studi PGSD-K7114132-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Wahyudi, M.Pd.,
2. Ratna Hidayah, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.