Penulis Utama : Herjuna Praba Wiesesa
NIM / NIP : H0712094
×

ABSTRAK

Padi (Oryza sativa L.) adalah produk utama di Indonesia dalam konteks penyediaan beras sebagai bahan pangan nasional. Kebutuhan beras setiap tahun terus meningkat. Upaya peningkatan produksi padi dihadapkan pada berbagai kendala antara lain karena pemupukan yang kurang efektif dan kurangnya penggunaan varietas hibrida oleh petani. Efektivitas pemupukan dapat dicapai melalui cara pemberian hara yang sesuai, salah satunya yaitu aplikasi hara melalui daun. Negara China merupakan pioner dalam pengembangan padi hibrida dengan produktivitas yang tinggi. Penggunaan varietas hibrida china merupakan salah satu upaya peningkatan produksi padi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi perbedaan hara melalui daun terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman padi hibrida china. Penelitian dilakukan mulai bulan Maret 2016 sampai dengan Mei 2016 yang bertempat di lahan sawah Desa Sidoharjo, Polanharjo, Klaten. Analisis sampel di Laboratorium Pemuliaan Tanaman, Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah rancangan petak berjalur (strip plot). Rancangan tersebut terdiri dari 2 faktor, yaitu faktor varietas dan faktor perbedaan hara. Terdapat 5 varietas padi yang digunakan dengan 3 perlakuan perbedaan hara, sehingga terdapat 15 kombinasi perlakuan. Setiap perlakuan diulang sebanyak 3 kali dan setiap ulangan diambil 5 sampel. Data hasil pengamatan dianalisis dengan analisis ragam tingkat kepercayaan 95%, apabila terdapat beda nyata maka dilakukan uji lanjut dengan DMRT (Duncan’s Multiple Range Test)  taraf 5%.
Diperoleh hasil yaitu aplikasi hara mikro dan lengkap melalui daun menunjukan hasil yang berpengaruh pada parameter pertumbuhan yaitu tinggi tanaman dan terhadap parameter hasil produksi yaitu jumlah gabah total per rumpun, berat gabah isi per rumpun dan presentase gabah isi. Padi hibrida china yang mempunyai potensi hasil produksi paling baik setelah diaplikasikan macam nutrisi berdasarkan jumlah gabah per rumpun adalah adalah varietas Hibrida I dan Hibrida III.

Kata kunci : Padi Hibrida, Hara Mikro dan Lengkap, Pemupukan Daun

 

×
Penulis Utama : Herjuna Praba Wiesesa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0712094
Tahun : 2018
Judul : Aplikasi Hara Mikro dan Lengkap Melalui Daun pada Beberapa Varietas Padi Hibrida China
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.Pertanian - 2018
Program Studi : S-1 Agroekoteknologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian. Jur. Agroteknologi-H0712094-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Dwi Harjoko, M. P.
2. Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.