Penulis Utama : Ranti Woni Lestari
NIM / NIP : H0413037
×

Sektor pertanian memiliki peranan yang sangat penting dalam  perekonomian bangsa, salah satunya yaitu kontribusi pada penyerapan tenaga kerja. Namun dari tahun ke tahun jumlah tenaga kerja pada sektor pertanian terus mengalami penurunan sebesar 3,41% per tahun. Salah satunya di Kabupaten Wonosobo. Penurunan jumlah tenaga kerja di sektor pertanian di Kabupaten Wonosobo pada tahun 2014-2015 sebanyak 14,67%, sebagian besar terjadi pada kelompok umur remaja atau pemuda, sehingga saat ini mayoritas petani adalah kelompok umur 45 tahun ke atas atau kelompok umur tua. Menurunnya minat remaja pada pekerjaan sektor pertanian akan berpengaruh terhadap rendahnya regenerasi tenaga kerja di sektor pertanian, dan dapat mengganggu ketahanan pangan di Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji persepsi remaja terhadap pekerjaan sektor pertanian, mengkaji faktor pembentuk persepsi remaja terhadap pekerjaan sektor pertanian, menganalisis hubungan antara faktor pembentuk persepsi terhadap persepsi remaja, serta menganalisis perbedaan persepsi antara remaja yang berasal dari keluarga sektor pertanian dan nonpertanian.
Metode dasar penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik survey. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja berumur 10-24 tahun dan belum menikah di Kabupaten Wonosobo. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik multistage cluster random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Untuk menganalisis derajat hubungan factor pembentuk persepsi dengan persepsi remaja digunakan uji koefisien jenjang Spearman (rs), dan untuk mengetahui perbedaan persepsi remaja digunakan uji U Mann-Whitney.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan persepsi remaja terhadap pekerjaan sektor pertanian termasuk kategori cukup baik; persepsi terhadap resiko usaha termasuk kategori cukup baik; persepsi remaja terhadap pendapatan, prestise pekerjaan, dan kesempatan pengembangan karier termasuk kategori baik. Umur responden sebagian besar pada usia 19 – 21 tahun; tingkat pendidikan sebagian besar responden yaitu SMA/ tamat SMA; tingkat pengambilan resiko dan pengaruh orang lain termasuk kategori tinggi,; informasi yang berkembang termasuk kategori sangat rendah. Terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengambilan resiko dan pengaruh orang lain dengan persepsi remaja terhadap pekerjaan sektor pertanian; tetapi tidak terdapat hubungan yang signifikan antara umur, tingkat pendidikan dan informasi yang berkembang dengan persepsi remaja terhadap pekerjaan sektor pertanian. Terdapat perbedaan persepsi yang signifikan antara remaja dari keluarga yang bekerja di sektor pertanian dan bekerja di sektor nonpertanian.

 

×
Penulis Utama : Ranti Woni Lestari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0413037
Tahun : 2018
Judul : Persepsi Remaja Terhadap Pekerjaan Sektor Pertanian di Kabupaten Wonosobo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.Pertanian - 2018
Program Studi : S-1 Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian. Jur. Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian-H0413037-2018
Kata Kunci : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Sutarto, M.Si.
2. Hanifah Ihsaniyati, S.P., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.