Penulis Utama : Yohanes Dinar Setya Adi
NIM / NIP : F0114091
×

ABSTRAK

Beberapa tempat di daerah aliran sungai Bengawan Solo masih mengalami bencana alam banjir. Ketahanan daerah aliran sungai terhadap bencana banjir terus diuji untuk menanggulangi masalah banjir. Bencana banjir menyebabkan kekhawatiran akan kerugian harta benda ataupun nyawa. Preferensi risiko masyarakat diduga semakin berkembang seiring bertambahnya frekuensi bencana banjir yang masyarakat hadapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat preferensi risiko masyarakat pada daerah aliran sungai serta hubungannya dengan tingkat ketahanan daerah aliran sungai terhadap banjir.
Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Sewu, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta yaitu RT.02/RW.I; RT03/RWI; RT.01/RW.II; RT.02/RW.II; RT.03/RW.II; RT.01/RW.IV; RT.01/RW.VIII; dan RT.01/RW.IX Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan uji korelasi Spearman. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa preferensi risiko masyarakat paling tinggi adalah masyarakat RT 01/VIII, dan lokasi dengan tingkat ketahanan paling tinggi adalah wilayah RT 03/I karena lokasi-lokasi tersebut jarang terjadi banjir. Kedua hal tersebut ternyata tidak menunjukkan adanya hubungan yang signifikan terkait tingkat ketahanan dengan preferensi risiko masyarakat daerah aliran sungai Bengawan Solo pada kelurahan Sewu Kecamatan Jebres, Surakarta.


Kata Kunci : preferensi risiko, ketahanan, bencana banjir, korelasi.

 

×
Penulis Utama : Yohanes Dinar Setya Adi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0114091
Tahun : 2018
Judul : Hubungan Preferensi Risiko Penduduk dengan Tingkat Ketahanan Daerah Aliran Sungai Bengawan Solo (Studi pada : Kelurahan Sewu Jebres Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2018
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. FEB. Jur. Ekonomi Pembangunan- F0114091-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suryanto, S.E., M.Si
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.