Penulis Utama : Diana Purwita Sari
NIM / NIP : S851608011
×

ABSTRAK

 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metakognisi mahasiswa pendidikan matematika dengan kecerdasan intrapersonal tinggi, sedang, dan rendah dalam pemecahan masalah open start. Metakognisi yang dibahas dalam penelitian ini meliputi dua aspek, yaitu pengetahuan dan keterampilan meta-kognitif.

Jenis penelitian ini kualitatif dengan subjeknya mahasiswa pendidikan matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta tahun pelajaran 2017/2018. Subjek yang dipilih terdiri dari 6 mahasiswa dengan rincian dua mahasiswa kecer-dasan intrapersonal tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa angket kecerdasan intrapersonal, tugas pemecahan masalah open start pada geometri analitik ruang, dan pedoman wawancara. Validitas data yang digunakan triangulasi waktu. Analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.

Berdasarkan hasil penelitian, subjek dengan kecerdasan intrapersonal tinggi melibatkan pengetahuan dan keterampilan metakognitifnya dalam setiap langkah pemecahan masalah, memiliki penilaian diri yang tinggi mampu menye-lesaikan masalah yang diberikan, merencanakan langkah-langkah penyelesaian dengan tepat, dan menyelesaikan tugas yang diberikan dengan tepat. Subjek dengan kecerdasan intrapersonal sedang belum memaksimalkan pengetahuan dan keterampilan metakognitifnya pada saat melaksanakan rencana penyelesaian, memiliki penilaian diri yang tinggi mampu menyelesaikan masalah yang diberi-kan, merencanakan langkah-langkah penyelesaian dengan tepat, belum maksimal dalam melaksanakan rencana sehingga penyelesaian tugas belum benar. Subjek dengan kecerdasan intrapersonal rendah belum memaksimalkan pengetahuan dan keterampilan metakognitifnya pada saat menyusun dan melaksanakan rencana penyelesaian, memiliki penilaian diri yang tinggi mampu menyelesaikan masalah yang diberikan, belum tepat dalam merencanakan langkah-langkah pemecahan sehingga penyelesaian tugas belum benar.

Kata kunci: kecerdasan intrapersonal, metakognisi, pemecahan masalah open start

×
Penulis Utama : Diana Purwita Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851608011
Tahun : 2018
Judul : Metakognisi Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Pemecahan Masalah Open Start Ditinjau dari Kecerdasan Intrapersonal
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-2 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Pendidikan Matematika-S851608011-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. 3. Dr. Budi Usodo, M. Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.