Penulis Utama : Bellinda Gita Pertiwi
NIM / NIP : K7111031
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas V SDN Pajang IV Surakarta melalui model pembelajaran tipe Examples Non Examples tahun ajaran 2015/2016.

Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 32 siswa dan guru kelas V SDN Pajang IV Surakarta. Sumber data berasal dari siswa dan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah hasil observasi, wawancara, dokumentasi, dan  tes. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber data dan triangulasi metode.

Hasil pretest menunjukan persentase ketuntasan siswa kelas hanya sebesar 31,25%.  Pada siklus  I,  persentase  ketuntasan  kelas  sebesar  43,75%  dan  pada siklus II, persentase ketuntasan kelas sebesar 90,62%. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Examples Non Examples dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas V SDN Pajang IV Surakarta tahun ajaran 2015/2016.

 

×
Penulis Utama : Bellinda Gita Pertiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7111031
Tahun : 2018
Judul : Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Model Pembelajaran Examples Non Examples Pada Kelas V SD Negeri Pajang IV Laweyan Tahun 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7111031-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sutijan, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.