Penulis Utama : Siti Sangidah
NIM / NIP : K7114172
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini, yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan pendekatan CTL dengan media konkret, (2) meningkatkan pembelajaran Matematika tentang bangun datar melalui penerapan pendekatan CTL dengan media konkret, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi dalam penerapan pendekatan CTL dengan media konkret.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Bendogarap yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu teknik nontes (observasi dan wawancara) dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) langkah-langkah penerapan pendekatan CTL dengan media konkret, yaitu: (a) mengonstruksi pengetahuan anak dengan media konkret, (b) melaksanakan kegiatan bertanya, (c) melaksanakan kegiatan inkuiri dengan media konkret, (d) menciptakan masyarakat belajar, (e) menghadirkan model, (f) melakukan refleksi, dan (g) melakukan penilaian sebenarnya. Persentase rerata kegiatan guru pada siklus I = 86,75%, siklus II = 92%, dan siklus III = 95,75%; (2) penerapan pendekatan CTL dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran Matematika tentang bangun datar pada siswa kelas V SD Negeri Bendogarap tahun ajaran 2017/2018. Itu terbukti dari persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I = 87,24%, siklus II = 95,00%, dan siklus III = 100%; (3) kendala yang dihadapi, yaitu: (a) belum semua siswa mendapat kesempatan untuk mengungkapkan pengalaman, (b) ada siswa yang kurang percaya diri untuk bertanya dan berpendapat, (c) ada siswa yang kurang aktif, (d) guru kurang mengarahkan siswa, (e) ada siswa yang kurang kondusif, dan (f) siswa membutuhkan waktu cukup lama untuk diskusi. Adapun solusinya, yaitu: (a) guru memberi kesempatan siswa untuk mengungkapkan pengalaman, (b) guru memotivasi siswa agar lebih percaya diri, (c) guru memotivasi siswa agar lebih aktif, (d) guru memberi arahan pada siswa, (e) guru menegur siswa, dan (f) guru memberi batasan waktu yang jelas saat diskusi.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan CTL dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran Matematika tentang bangun datar pada siswa kelas V SD Negeri Bendogarap tahun ajaran 2017/2018.

Kata Kunci: CTL, media konkret, bangun datar

×
Penulis Utama : Siti Sangidah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7114172
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) dengan Media Konkret untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika Tentang Bangun Datar pada Siswa Kelas V SD Negeri Bendogarap Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Prod Studi PGSD-K7114172-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Ngatman, M.Pd.,
2. Drs. Wahyudi, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.