Penulis Utama : Beni Wardiyanto
NIM / NIP : K1513022
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh jumlah lapisan botol plastik terhadap kekuatan lentur pada sambungan kayu balok Sederhana dan balok kantilever dengan alat sambung limbah botol plastik, sekaligus untuk mengetahui variasi jumlah lapisan botol plastik yang menghasilkan kekuatan lentur tertinggi pada balok sederhana dan balok kantilever.

Penelitian menggunakan metode kuantitatif ekperimen dan teknik analisa data menggunakan analisis Regresi. Variabel yang mempengaruhi dalam penelitian adalah (1) variabel terikat: kuat lentur kayu, (2) variabel bebas: variasi jumlah lapisan botol plastik dari 1, 2, 3, 4 dan 5 lapisan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat pengaruh antara jumlah lapisan botol plastik terhadap kuat lentur sambungan botol plastik pada balok sederhana dan balok kantilever. Kuat lentur sambungan balok sederhana dan balok kantilever tertinggi pada variasi 5 lapisan botol dengan rata-rata 140,92 kgf/cm2 dan 240,54 kgf/cm2, dan semua berada dibawah rata-rata kuat lentur kayu tanpa sambungan yaitu 874,53 kgf/cm2 dan 717,49 kgf/cm2.

 

×
Penulis Utama : Beni Wardiyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1513022
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Jumlah Lapisan Botol Plastik Sebagai Alat Sambung Terhadap Kuat Lentur Sebagai Suplemen Mata Kuliah Struktur Kayu
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Bangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Teknik Bangunan-K1513022-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Taufiq Lilo Adi Sucipto, S.T., M.T.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.