Penulis Utama : Teri Sriwagesang
NIM / NIP : K4211058
×

BSTRAK

Penelitian menfokuskan untuk mendiskripsikan nilai religius dan nilai sosial yang terkandung dalam dongeng berbahasa Jawa Timun Emas lan Buto Ijo dan Misteri Keyong Emas dalam pembelajaran bahasa Jawa sebagai materi ajar dan media pembelajaran dalam peningkatan pendidikan karakter pada siswa SMA.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskripstif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah hasil analisis nilai religius dan sosial dari dongeng berbahasa Jawa Timun Emas lan Buto Ijo dan Misteri Keyong Emas, serta hasil dari wawancara dengan berbagai informan (guru, siswa kelas XI, dan pakar sastra). Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Prosedur penelitian meliputi tahap persiapan, tahap analisis data, dan tahap akhir.
Hasil analisis penelitian ini menunjukan perwujudan nilai religius dan sosial dari dongeng berbahasa Jawa Timun Emas lan Buto Ijo dan Misteri Keyong Emas, serta relevansinya sebagai media pembelajaran dalam peningkatan pendidikan karakter siswa SMA. Wujud dari nilai religius dongeng berbahasa Jawa Timun Emas lan Buto Ijo yakni dengan memanjatkan doa, mendirikan solat, peduli dengan sesama, saling menghargai dan menghormati. Wujud nilai religius dongeng berbahasa Jawa Misteri Keyong Emas yakni melaksanakan ibadah solat, memanjatkan doa, belajar ilmu agama, tolong menolong, peduli dan menghormati serta memberi manfaat pada orang lain. Perwujudan nilai sosial dalam dongeng berbahasa Jawa Timun Emas lan Buto Ijo adalah sikap saling menghargai, menghormati, peduli sesama, membela tanah air. Perwujudan nilai sosial pada dongeng berbahasa Jawa Misteri Keyong Emas yakni mengabdi, membela kebenaran, bertanggung jawab, saling melindungi dari mara bahaya untuk kesejahteraan rakyat. Relevansi dongeng berbahasa Jawa Timun Emas lan Buto Ijo dan Misteri Keyong Emas terhadap peningkatan pendidikan karakter siswa SMA, diwujudkan dengan pengenalan nilai-nilai religius dan sosial yang terkandung di dalam dongeng berbahasa Jawa.

Kata Kunci: dongeng berbahasa Jawa, Timun Emas lan Buto Ijo, Misteri Keyong Emas, nilai religius, nilai sosial, Pendidikan Karakter.

×
Penulis Utama : Teri Sriwagesang
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4211058
Tahun : 2018
Judul : Analisis Nilai Religius dan Nilai Sosial Dalam Dongeng Berbahasa Jawa Timun Emas Lan Buto Ijo dan Misteri Keyong Emas Sebagai Materi Ajar dan Media Pembelajaran dalam Peningkatan Pendidikan Karakter Siswa SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Prod Pendidikan Sudi Pendidikan Bahasa Jawa-K4211058-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Raheni Suhita, M.Hum.,
2. Sri Hastuti, S.S, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.