Penulis Utama : Aniqotul Khusna
NIM / NIP : K7114012
×

Tujuan penelitian kolaboratif ini   adalah (1) mendeskripsikan langkah- langkah penerapan model inkuiri terbimbing dengan media kertas lipat, (2) meningkatkan pembelajaran matematika tentang penjumlahan dan pengurangan pecahan melalui penerapan model inkuiri terbimbing dengan media kertas lipat, dan (3) mendeskripsikan kendala-kendala dan solusi dalam penerapan model inkuiri terbimbing dengan media kertas lipat dalam peningkatan pembelajaran matematika tentang penjumlahan dan pengurangan pecahan pada siswa kelas V SDN Roworejo tahun ajaran 20172018..
Penelitian dilaksanakan selama 3 siklus,  yang setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah
22 siswa. Data berasal dari siswa, guru dan dokumen. Teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi  teknik,  triangulasi  sumber  dan  validitas  isi.  Analisis  data  melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menujukkan bahwa (1) penerapan model inkuiri terbimbing dengan media kertas lipat dilaksanakan dengan langkah-langkah: (a) orientasi menggunakan kertas lipat, (b) perumusan masalah, (c) menyusun hipotesis,  (d)  mengumpulkan  data  dengan  mengaplikasikan  kertas  lipat,  (e) menguji hipotesis, (f) merumuskan kesimpulan, (g) mengomunikasikan hasil; (2) penerapan   model   inkuiri   terbimbing   dengan   media   kertas   lipat   dapat meningkatkan pembelajaran matematika tentang penjumlahan dan pengurangan pecahan pada siswa kelas V SDN Roworejo tahun ajaran 2017/1018. Peningkatan hasil belajar siswa pada siklus  I mencapai  69,91%, pada siklus  II meningkat menjadi 83,64% dan pada siklus III meningkat menjadi 90,91%; (3) kendala yang muncul  dalam  penerapan  model  inkuiri terbimbing dengan  media kertas  lipat yaitu: (a) memerlukan persiapan dan waktu yang cukup lama; (b) kemampuan kognitif siswa tidak sama sehingga pembelajaran didominasi siswa tertentu; (c) tidak semua siswa aktif dalam kegiatan diskusi. Solusi dari kendala tersebut yaitu: (a) peneliti dan guru melaksanakan persiapan yang lebih matang; (b) guru mengacak kelompok secara heterogen dan merata sesuai dengan tingkat kognitif siswa; (c) guru memberikan kesempatan kepada siswa yang masih pasif untuk menjawab pertanyaan agar berani berpendapat.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan model inkuiri terbimbing dengan media kertas lipat dapat meningkatkan pembelajaran matematika tentang penjumlahan dan pengurangan pecahan pada siswa kelas V SDN Roworejo tahun ajaran 2017/2018.

 

×
Penulis Utama : Aniqotul Khusna
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7114012
Tahun : 2018
Judul : Penggunaan Model Inkuiri Terbimbing Dengan Media Kertas Lipat Dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika Tentang Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Pada Siswa Kelas V SDN Roworejo Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi PGSD-K7114012-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Imam Suyanto, M.Pd.
2. Drs. Joharman, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.