Penulis Utama : A. Rini Endah Mumpuni
NIM / NIP : K3312001
×

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui:  (1)  pengaruh  model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay dan tipe Two Stay Two Stray terhadap prestasi belajar siswa pada materi laju reaksi, (2) pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa terhadap prestasi belajar siswa pada materi laju reaksi, dan (3) interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay dan Two Stay Two Stray dengan kemampuan berpikir kritis siswa terhadap prestasi belajar siswa pada materi laju reaksi.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2 analisis kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 1 dan kelas XI MIA 2 yang diperoleh melalui teknik cluster random sampling dari total tujuh kelas XI SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun ajaran 2016/2017. Model pembelajaran Course Review Horay diterapkan pada kelas XI MIA 1 dan Model pembelajaran Two Stay Two Stray diterapkan pada kelas XI MIA 2. Keseluruhan data diperoleh dari tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis variansi   dua  jalan  (ANAVA)  sel   tak  sama   untuk   prestasi   belajar  aspek pengetahuan dan aspek keterampilan, serta uji statistik nonparamaterik Kruskal Wallis untuk prestasi belajar aspek sikap.
Simpulan  dari  penelitian  ini  adalah  :  (1)  Model  pembelajaran  Course Review Horay dan model pembelajaran Two Stay Two Stray hanya berpengaruh terhadap prestasi belajar aspek pengetahuan, (2) Kemampuan berpikir kritis siswa hanya  berpengaruh  terhadap  prestasi  belajar  aspek  pengetahuan,  (3)  Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Course Review Horay dan model pembelajaran Two Stay Two Stray dengan kemampuan berpikir kritis siswa terhadap prestasi belajar aspek pengetahuan, aspek sikap, dan aspek keterampilan pada materi laju reaksi.

 

×
Penulis Utama : A. Rini Endah Mumpuni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3312001
Tahun : 2018
Judul : Studi Komparasi Model Pembelajaran Kooperatif Course Review Horay dan Two Stay Two Stray dengan Memperhatikan Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Laju Reaksi Kelas XI SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Kimia-K3312001-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ashadi
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.