Penulis Utama : Yanuar Arif Ramadhan
NIM / NIP : M3115143
×

ABSTRAK


YANUAR      ARIF      RAMADHAN,      2017     PEMBUATAN     APLIKASI AUGMENTED   REALITY   MEDIA    PEMBELAJARAN
PADA TAMAN  CERDAS  SOLO.  Program Diploma III Teknik Informatika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sebelas Maret Surakarta.


Taman Cerdas adalah wahana rekreatif dan edukatif yang terletak di Jl. Ki Hajar Dewantara RT02 RW25, Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57126. Pada Taman Cerdas terdapat kegiatan pembelajaran yang diadakan dua kali setiap minggunya yaitu bernama Solo Mengajar. Kegiatan pembelajaran meliputi diskusi materi pelajaran sekolah, lomba, mini outbond, dan games. Tetapi dalam kegiatan pembelajaran masih menggunakan media konvensional seperti buku materi pelajaran.  Oleh  karena  itu  penulis  berencana  membuat  media  pembelajaran dengan metode yang lebih interaktif dengan teknologi Augmented Reality.
Aplikasi Augmented Reality              Feed The Mammals pada Taman Cerdas Solo ini dirancang dengan metode studi pustaka yaitu mencari referensi   dan   materi  yang  berhubungan  dengan  penelitian  yang  dilakukan. Pembuatan  Augmented  Reality  di  Taman   Cerdas   dilakukan   menggunakan beberapa software seperti Unity3D, Vuforia, Blender, dan Adobe Photoshop.
Penelitian ini menghasilkan aplikasi multimedia sebagai media pembelajaran  pada Taman Cerdas tentang macam-macam  satwa mamalia khas Indonesia dan makanannya. Pembelajaran yang diberikan adalah penggambaran nyata satwa mamalia khas Indonesia dan makanannya berdasarkan bentuk aslinya. Diharapkan dapat memberikan kemudahan dalam proses pembelajaran serta memberikan inovasi media pembelajaran  yang menarik dan mudah dimengerti pada Taman Cerdas.


Kata   kunci:   Augmented Reality,  3D,  Mamalia,  Edukasi,  Multimedia,  Taman

Cerdas Solo

 

×
Penulis Utama : Yanuar Arif Ramadhan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M3115143
Tahun : 2018
Judul : Pembuatan Aplikasi Augmented Reality Media Pembelajaran Pada Taman Cerdas Solo
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. MIPA - 2018
Program Studi : D-3 Ilmu Komputer Teknik Informatika
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak.MIPA. Jur. - M3115143 -2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Firma Sahrul Bahtiar S.Kom., M.Eng
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.