Penulis Utama : Putri Ayundasari
NIM / NIP : C0212057
×

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu bagaimana cermin masyarakat dalam antologi Matajaman karya Sosiawan Leak? dan bagaimana fungsi sosial dalam antologi Matajaman karya Sosiawan Leak? Tujuan penelitian ini mendeskripsikan  cermin  masyarakat  dalam  antologi  Matajaman  karya  Sosiawan Leak dan mendeskripsikan fungsi sosial dalam antologi Matajaman karya Sosiawan Leak.
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Sosiologi Sastra Ian Wat. Data yang digunakan adalah teks antologi Matajaman karya Sosiawan Leak yang diterbitkan oleh Eraqu pada tahun 2008. Teknik pengumpulan data berupa teknik pustaka dan wawancara. Teknik  analisis  data  yang  digunakan  adalah  metode  deskriptif  dengan  mencari cermin masyarakat dan fungsi sosial yang terdapat dalam antologi Matajaman karya Sosiawan Leak.
Dari analisis ini disimpulkan beberapa hal: 1) sastra sebagai cermin masyarakat dalam tiga puisi yaitu terdapat konteks sosial politik dan kebijakan pemerintah dalam sektor pertanian. konteks sosial budaya masyarakat Sukolilo, serta kondisi sosial politik  pada  puisi  mimpi  padi  tentang  naga  dan  garuda,  2)  fungsi  sosial  dalam antologi  Matajaman  terdapat  tiga  simpulan  yaitu  sastra  sebagai pembaharu/perombak yang memberikan kritik-kritiknya atas kebijakan pemerintah dalam sektor pertanian. Sastra sebagai penghibur, bahwa sastra tidak hanya menceritakan tentang percintaan tetapi juga menjadi suatu wadah informasi. Sintesis antara sastra sebagai pembaharu/perombak dengan sastra sebagai penghibur, bahwa sastra dapat menjadi alat mengkritik, dan pemberi informasi kepada pembaca.

 

×
Penulis Utama : Putri Ayundasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0212057
Tahun : 2018
Judul : Cermin Sosial dan Fungsi Sosial dalam Antologi Matajaman Karya Sosiawan Leak: Kajian Sosiologi Sastra Ian Watt
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2018
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya Jur. Sastra Indonesia-C0212057-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Albertus Prasojo, M.Sn.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.