Penulis Utama : Taufik Fajar Gumilang
NIM / NIP : S851502025
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) proses integrasipengetahuan, keterampilan dan sikap dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik, (2) caraguru dalam proses penilaian pengetahuan, keterampilan dan sikap siswa berdasarkan kurikulum 2013. 
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berjenis studi kasus, yaitu mempelajari secara mendalam kegiatan pembelajaran untuk kemudian dapat digambarkan proses pembelajaran dan penilaian yang berlangsung dalam membelajarkan matematika materi peluang.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara.Subjek penelitian ini adalah satu guru matematika kelas XISMA Al Islam 1 Surakarta dengan kriteria sudah mendapatkan pelatihan tentang kurikulum 2013. Data dalam penelitian ini berupa: (i) proses pembelajaran matematika yang mengintegrasikan pengetahuan, keterampilan, dan sikap dengan pendekatan scientific approach yang diperoleh dari hasil rekaman kegiatan pembelajaran pada observasi; (ii) proses penilaian pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diperoleh dari hasil rekaman kegiatan pembelajaran pada observasi. Teknik validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalahmember check, yaitu proses pengecekan data yang diperoleh peneliti kepada subjek penelitian untuk menguji kemungkinan dugaan-dugaan yang berbeda.
Hasil penelitian ini sebagai berikut. (i) langkah-langkah 5M untuk mengintegrasikan bagian pengetahuan(KI-3), keterampilan(KI-4) dan sikap (KI-1 dan KI-2) dalam pembelajaran, dengan keterampilan mengamati akan tercipta pengetahuan dalam menerima dan akan terbentuk sikap jujur, dll, (ii) Proses penilaian pengetahuan dilakukan dengan memberikan kuis kepada siswa di akhir pembelajaran dan instrumen yang digunakan soal berbentuk uraian, teknik penilaian keterampilan dilakukan guru pada saat proses pembelajaran, dan teknik penilaian sikap dengan instrumen lembar penilaian antarpeserta didik.

 

×
Penulis Utama : Taufik Fajar Gumilang
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851502025
Tahun : 2018
Judul : Deskripsi Proses Pembelajaran Matematika yang Mengintegrasikan Pengetahuan, Keterampilan, dan Sikap melalui Pendekatan Saintifik pada Implementasi Kurikulum 2013
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Magister Pendidikan Matematika-S851502025-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Budi Usodo, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.