Penulis Utama : Muna Fauziah
NIM / NIP : K7114113
×

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendiskripsikan langkah-langkah penerapan pendekatan saintifik dengan media video dalam peningkatan pembelajaran IPS; (2) meningkatkan pembelajaran IPS tentang kegiatan ekonomi melalui pendekatan saintifik dengan media video pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Tanggeran tahun ajaran 2017/2018; dan (3) menemukan kendala dan solusi yang dihadapi pada penerapan  pendekatan  saintifik  dengan  media  video  pada  siswa  kelas  IV  SD Negeri 2 Tanggeran tahun ajaran 2017/2018.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas IV SD Negeri 2 Tanggeran berjumlah 21 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 9 siswa  perempuan.  Sumber  data  pada  penelitian  ini  yaitu  siswa,  guru,  dan dokumen.  Teknik  pengumpulan  data  yang  digunakan  yaitu  tes  dan  non  tes. Validasi data menggunakan teknik triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) langkah penerapan pendekatan saintifik  dengan  media  video,  yaitu:  mengamati  video,  menanya  berdasarkan video, mengumpulkan informasi berdasarkan video, mengolah informasi, dan mengkomunikasikan.  (2)  penerapan  pendekatan  saintifik  dengan  media  video dapat meningkatkan pembelajaran IPS. Hal ini dibuktikan dengan persentase ketuntasan proses belajar IPS dengan KKM 75 pada pada siklus I sebesar 66,58%, siklus II 77,97%, dan siklus III 90,48%. Lalu, ketuntasan hasil belajar IPS dengan KKM = 75 pada siklus I sebesar 69,21%, siklus II 77,97%, dan siklus III 85,71%. (3) kendala yang dihadapi, yaitu: guru belum maksimal memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan dan bertanya, beberapa siswa belum aktif bertanya dan menjawab pertanyaan, beberapa siswa belum aktif berdiskusi, dan siswa kurang percaya diri ketika mempresentasikan dan menanggapi hasil diskusi. Solusi yang dilakukan, yaitu: guru memberikan kesempatan secara merata kepada siswa untuk menjawab pertanyaan dan bertanya, guru memotivasi siswa untuk bertanya dan memberikan nilai tambahan kepada siswa yang aktif, guru membagi tugas pada setiap siswa dalam kelompok agar semua anggota kelompok terlibat aktif dalam kegiatan diskusi, dan guru memberikan motivasi kepada siswa agar bersedia mempresentasikan dan menanggapi hasil diskusi.
Simpulan dalam penelitian ini adalah penerapan pendekatan saintifik dengan media video dapat meningkatkan pembelajaran IPS tentang kegiatan ekonomi pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Tanggeran tahun ajaran 2017/2018

 

×
Penulis Utama : Muna Fauziah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7114113
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Pendekatan Saintifik Dengan Media Video Dalam Peningkatan Pembelajaran IPS Tentang Kegiatan Ekonomi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Tanggeran Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi PGSD-K7114113-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Muhamad Chamdani, M.Pd.,
2. Drs. Joharman, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.