Penulis Utama : Afanin Zulfa Panama
NIM / NIP : F0113004
×

Penelitian ini menganalisis profitabilitas usaha kain perca di Kelurahan Tipes Kota Surakarta dengan judul “Analisis Profitabilitas dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya pada Industri Kreatif Usaha Kain Perca di Kota Surakarta”. Penelitian ini dipilih di daerah Tipes karena di daerah tersebut terdapat banyak pengusaha kain perca. Usaha kain perca ini diteliti karena masih belum jelasnya tingkat profitabilitas usaha dan faktor-faktor yang mempengaruhi profitabilitas usaha tersebut.
    Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui tingkat profitabilitas dan kelayakan usaha pada industri kreatif usaha kain perca di Kelurahan Tipes, 2. Untuk mengetahui pengaruh modal, pemasaran, jumlah tenaga kerja, motivasi pengrajin, dan lama usaha terhadap profitabilitas usaha kain perca.
    Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode studi kasus, dan untuk menentukan responden menggunakan metode sensus. Metode untuk menganalisis tingkat profitabilitas dan kelayakan usaha menggunakan metode ROI, B/C Ratio, Payback Period, dan NPV, sedangkan untuk menganalisis pengaruh variabel menggunakan metode analisis regresi linear berganda.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat profitabilitas atau kemampuan menghasilkan laba dengan metode ROI sebesar 41,65%, nilai B/C Ratio sebesar 1,55, payback period selama 3,07 tahun atau 3 tahun lebih 1 bulan, dan nilai NPV sebesar Rp. 609.597.997 yang berarti bahwa usaha kain perca di Kelurahan Tipes menguntungkan dan layak untuk dijalankan.  Selanjutnya hasil analisis regresi menunjukkan bahwa variabel modal, pemasaran, jumlah tenaga kerja, dan lama usaha berpengaruh positif terhadap profitabilitas usaha kain perca, sedangkan variabel motivasi pengrajin tidak berpengaruh terhadap profitabilitas usaha kain perca.</p>

×
Penulis Utama : Afanin Zulfa Panama
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0113004
Tahun : 2017
Judul : Analisis Profitabilitas dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya pada Industri Kreatif Usaha Kain Perca di Kota Surakarta (Studi Kasus Pada Usaha Kain Perca di Kelurahan Tipes)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2017
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-FEB-Jur. Ekonomi Pembangunan- F0113004-2017
Kata Kunci : Profitabilitas, Kain Perca, ROI, B/C Ratio, NPV
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Mugi Rahardjo, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.