Penulis Utama : Berliyana Indrasari
NIM / NIP : K4313023
×

ABSTRAK

Penelitian bertujuan meningkatkan kemampuan menemukan dan menghubungkan konsep dengan menerapkan instruksi di tahap hypothesis testing pada discovery learning. Subjek penelitian terdiri dari atas 29 peserta didik Sekolah Menengah Atas. Penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 Siklus. Prosedur penelitian meliputi tahap: perencanaan, tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Data berupa skor concept map peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, serta dokumentasi dan tes untuk mengetahui skor concept map. Validasi data menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan berdasarkan analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan kemampuan menemukan dan menghubungkan konsep berdasarkan skor concept map pada pra siklus antara 5,67%-9,97%, rata-rata skor concept map pra siklus sebesar 7,7% dengan 10 peserta didik mendapat skor di atas rata-rata. Siklus I antara 8,02%-37,65%, rata-rata skor concept map 23,23% dengan 19 di atas skor rata-rata. Siklus II antara 8,08%-42,79%, rata-rata skor concept map 27,60% dengan 15 peserta didik diatas skor rata-rata.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan instruksi di tahap hypothesis testing pada discovery learning meningkatkan kemampuan menemukan dan menghubungkan konsep.
Kata kunci: instruksi, hypothesis testing, discovery learning, kemampuan menemukan dan menghubungkan konsep

 

×
Penulis Utama : Berliyana Indrasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4313023
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Instruksi Di Tahap Hypothesis Testing Pada Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Menemukan Dan Menghubungkan Konsep
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber : UNS-P. KIP Jur. Studi Pendidikan Biologi-K4313023-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sri Widoretno, M.Si.,
2. Dr. Sri Dwiastuti, M.Si.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.