Penulis Utama : Jumiati
NIM / NIP : K4313040
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas pertanyaan siswa melalui penerapan model PBL disertai dialog Socrates di kelas X MIA 4 SMA Negeri Gondangrejo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 4 SMA Negeri Gondangrejo yang berjumlah 36 siswa yang terdiri dari 10 laki-laki dan 26 perempuan. Data utama berupa kuantitas dan kualitas pertanyaan, sedangkan data pendukung berupa nilai hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes dan non-tes meliputi metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Validasi data menggunakan metode triangulasi, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kuantitas dan kualitas pertanyaan siswa dari Pra-Siklus ke Siklus 1 dan dari Siklus 1 ke Siklus 2. Peningkatan kuantitas pertanyaan siswa ditunjukkan oleh pertanyaan yang diajukan siswa pada Pra-Siklus sebanyak 6 pertanyaan, menjadi 54 pertanyaan pada Siklus 1 dan 70 pertanyaan pada Siklus 2. Peningkatan kualitas pertanyaan siswa ditunjukkan dari pertanyaan yang diajukan siswa berdasarkan dimensi pengetahuan dan proses berpikir pada Siklus 1 sebanyak 16 pertanyaan C1 faktual menurun 50% di Siklus 2, sedangkan 6 pertanyaan C1 konseptual pada Siklus 1 menurun 66,67% pada Siklus 2. Pertanyaan C2 faktual pada Siklus 1 sebanyak 11 pertanyaan meningkat 45,45% pada Siklus 2 dan Pertanyaan C2 konseptual pada Siklus 2 meningkat 20?ri 5 pertanyaan di Siklus 1. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model PBL disertai dialog Socrates dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas pertanyaan siswa kelas X MIA 4 SMA Negeri Gondangrejo.
Kata kunci: kuantitas pertanyaan, kualitas pertanyaan, PBL, dialog Socrates

 

×
Penulis Utama : Jumiati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4313040
Tahun : 2017
Judul : Peningkatan Kuantitas Dan Kualitas Pertanyaan Siswa Melalui Penerapan Model Pbl Disertai Dialog Socrates Di Kelas X MIA 4 SMA Negeri Gondangrejo
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber : UNS-P. KIP Jur. Studi Pendidikan Biologi-K4313040-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Muzzazinah, M.Si.,
2. Dr. Suciati, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.