Penulis Utama : Lut
NIM / NIP : K7111528
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan  model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan multimedia dalam peningkatan pembelajaran IPA tentang adaptasi hewan dan tumbuhan, (2) meningkatkan pembelajaran IPA tentang adaptasi hewan dan tumbuhan, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan multimedia dalam peningkatan pembelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri  Kebonsari tahun ajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri  Kebonsari yang berjumlah 23 siswa. Data berasal dari siswa dan guru. Teknik pengumpulan data adalah teknik tes dan nontes (observasi dan wawancara). Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif kualitatif dan statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan  model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan multimedia dilaksanakan dengan langkah-langkah (a) persiapan, (b) presentasi kelas dengan menggunakan multimedia, (c) belajar dalam kelompok STAD (d) kuis individu, (e) peningkatan skor individu, (f) penghargaan kelompok; (2) adanya peningkatan pembelajaran IPA tentang adaptasi hewan dan tumbuhan yaitu pada siklus I = 43.48%, siklus II = 73.91% , dan siklus III 86.95%; (3) Kendala dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan multimedia yaitu siswa masih sulit dikondisikan untuk tenang dan saat pengisian skor peningkatan individu siswa masih kebingungan. Solusi yang dilakukan adalah guru mengondisikan siswa untuk tenang dan saat pengisian skor peningkatan individu dibimbing dengan sabar.
Simpulan penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan multimedia dapat meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri Kebonsari tahun Ajaran 2016/2017.

Kata Kunci: STAD, multimedia, IPA

 

×
Penulis Utama : Lut
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7111528
Tahun : 2017
Judul : Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dengan Multimedia Dalam Peningkatan Pembelajaran Ipa Tentang Adaptasi Hewan Dan Tumbuhan Bagi Siswa Kelas V SD Negeri Kebonsari Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-P. KIP Jur. Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7111528-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Triyono, M.Pd.
2. Dra. Tri Saptuti Susiani, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.