Penulis Utama : Monna Rahmawati
NIM / NIP : K4310057
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas pertanyaan siswa kelas XI IPA 3 SMAN 2 Karanganyar melalui penerapan problem posing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 3 yang berjumlah 39 siswa.
Data diperoleh melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validasi data menggunakan triangulasi metode. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif yang terdiri dari tiga komponen yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kuantitas dan kualitas pertanyaan siswa. Kuantitas pertanyaan siswa pada pra-siklus sebanyak 1 pertanyaan meningkat menjadi 149 pertanyaan pada siklus I, dan 181 pertanyaan pada Siklus II. Kualitas pertanyaan meningkat dari pertanyaan C1 faktual dengan persentase 5,56% meningkat menjadi 44,4% pada siklus I, dan 55,6% di Siklus II. Peningkatan Kualitas pertanyaan mencakup pertanyaan C1,dan C2 pada dimensi faktual, konseptual, dan prosedural. Serta pertanyaan C4 dan C5 pada dimensi faktual dan konseptual.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kuantitas dan kualitas pertanyaan siswa melalui penerapan model pembelajaran problem posing pada siswa kelas XI IPA 3 SMA N 2 Karanganyar tahun pelajaran 2016/2017.
Kata kunci: kuantitas pertanyaan, kualitas pertanyaan, problem posing

 

×
Penulis Utama : Monna Rahmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4310057
Tahun : 2017
Judul : Peningkatan Kuantitas Dan Kualitas Pertanyaan Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber : UNS-P. KIP Jur. Studi Pendidikan Biologi-K4310057-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Bowo Sugiharto, M.Pd.,
2. Dr. Baskoro Adi Prayitno, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.