Penulis Utama : Rista Novitasari
NIM / NIP : K4313062
×

ABSTRAK

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA 3 melalui penerapan model discovery learning dipadu mind mapping pada materi sistem koordinasi.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan selama 2 siklus dengan menerapkan model pembelajaran yang sama. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu refleksi, perencanaan, tindakan, dan observasi. Subjek penelitian adalah 46 siswa (18 laki-laki dan 28 perempuan) kelas XI IPA 3. Data penelitian diperoleh melalui tes tertulis, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Validisi data dengan menggunakan teknik triangulasi. Prosedur penelitian menggunakan metode spiral Kemmis dan Mc. Taggart. Target penelitian adalah peningkatan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa sebesar ?20% pada akhir siklus. Data diobservasi menggunakan tes dengan rubrik dari Sanchez dan Ruiz dan berdasarkan indikator berpikir kritis dari Facione.
Hasil penelitian menunjukkan penerapan model discovery learning dipadu mind mapping dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA 3 pada materi sistem koordinasi. Data prasiklus observasi kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA 3 menunjukkan bahwa; kemampuan interpretasi meningkat dari 30.4% dengan kategori rendah menjadi 58.1% dengan kategori cukup, kemampuan analisis meningkat dari 21.1% dengan kategori rendah menjadi 55.4% dengan kategori cukup, kemampuan inferensi meningkat dari 26.0% dengan kategori rendah menjadi 47.8% dengan kategori cukup, kemampuan eksplanasi meningkat dari 29.3% dengan kategori rendah menjadi 56.5% dengan kategori cukup, kemampuan mengevaluasi meningkat dari 17.3% dengan kategori sangat rendah menjadi 44.0% dengan kategori cukup, dan kemampuan regulasi diri meningkat dari 19.5% dengan kategori sangat rendah menjadi 50.5% dengan kategori cukup. Berdasarkan hasil tindakan tersebut dapat disimpulkan bahwa target penelitian dapat tercapai, yaitu peningkatan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 28.0%.
Kata kunci : discovery learning, kemampuan berpikir kritis, mind mapping

 

×
Penulis Utama : Rista Novitasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4313062
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Model Discovery Learning Dipadu Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA 3
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber : UNS-P. KIP Jur. Studi Pendidikan Biologi-K4313062-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Harlita, S.Si., M.Si.,
2. Dr. Baskoro Adi Prayitno, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.